Date: 24-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PESAN IKLAN DI MEDIA TELEVISI TERHADAP RESPON PEMBELIAN PADA MAHASISWI STIE MALANGKUÇEÇWARA MALANG

Thesis Detail
Author RATNA FEBRI ROSAVITA
Student's ID (NPK) A.2001.1.25780 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword IKLAN,MEDIA TELEVISI,MAHASISWI
Page(s) 54
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) HANIF MAULUDIN SE, M.Si.
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Meningkatnya aktivitas perekonomian yang terjadi pada saat sekarang ini turut memberikan andil besar pada meningkatnya aktivitas persaingan yang berdampak pada meningkatnya kegiatan di bidang pemasaran. Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara merupakan pangsa pasar yang sangat potensial dan memberikan peluang keuntungan yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan industri, baik perusahaan industri dalam negeri maupun perusahaan industri asing yang semakin banyak bermunculan. Berbagai macam cara dan metode yang dilakukan oleh para pelaku usaha dalam upaya untuk merebut pangsa pasar yang diinginkan, hal ini mengisyaratkan bahwa kegiatan pemasaran memberikan kontribusi yang sangat vital terhadap keberhasilan merebut pangsa pasar. Namun, hal yang lebih utama lagi adalah bagaimana cara para pelaku pemasaran dalam mengkomunikasikan atau menyampaikan misi mereka kepada pangsa pasarnya. Pangsa pasar yang sangat luas dan disertai dengan keanekaragaman lingkungan sosial budaya dan adat istiadat sebagaimana wajarnya bangsa yang memiliki masyarakat majemuk, tentunya merupakan tantangan yang tidak mudah dan harus dihadapi oleh para pelaku usaha dalam rangka merebut atau meraih peluang dan keuntungan. Permasalahan yang dihadapi adalah tinggi rendahnya respon pembelian sebagai akibat adanya kegiatan pemasaran yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pesan iklan ditinjau dari isi, format dan sumber pesan terhadap respon pembelian konsumen dan untuk mengetahui variabel manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap respon pembelian konsumen. .Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah eksploratoris riset dengan menggunakan pengujian hipotesis. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, wawancara dan dokumen. Yang menjadi populasi adalah mahasiswi STIE MALANGKUÇEÇWARA sejumlah 50 responden. Teknik analisa yang digunakan dalam analisa data dan pengujian hipotesis adalah koefisien berganda, koefisien korelasi parsial, dan analisa regresi berganda. Pengujian hipotesis pertama digunakan analisa uji berganda. Hasil pengujian korelasi berganda ini diuji dengan F test dengan kriteria penerimaan F hitung > F tabel, maka Ha diterima. Hipotesis kedua digunakan analisa uji korelasi parsial dan uji regresi berganda, dengan kriteria T hitung > T tabel, maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil pengujian dengan analisa regresi berganda, telah terbukti bahwa peubah bebas isi pesan (X1), format pesan (X2), sumber pesan (X3) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang bermakna terhadap peubah terikat respon pembelian (Y). Dapat dilihat pada hasil perhitungan R squared 68% dengan F hitung 32,635 > F tabel 2,84, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya dapat diketahui pula peubah bebas isi pesan (X1) yang paling dominan terhadap respon pembelian melalui T hitung 5, 913 > T tabel 1,6759 daripada format pesan (X2) dengan T hitung 2,062 dan sumber pesan (X3) dengan T hitung 2,379, dengan pengertian Ha diterima dan Ho ditolak.

 

3.140.186.241