Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH FAKTORT(STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUςEςWARA MALANG ANGKATAN 2000)ERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PONSELLINGKUNGAN EKSTERN DARI PERILAKU KONSUMEN

Thesis Detail
Author TITIS PRIMA DUANA
Student's ID (NPK) K.2000.1.24438 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN KEUANGAN
Keyword PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN PRODUK PONSEL
Page(s) 90
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERN DARI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PONSEL (Studi Pada Mahasiswa STIE Malangkuςeςwara Malang Angkatan 2000) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga terhadap keputusan pembelian produk ponsel serta untuk mengetahui faktor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk ponsel diantara faktor-faktor kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2000 STIE MalangkuVeVwara Malang sebanyak 433 mahasiswa yaitu untuk jurusan Akuntansi sebanyak 134 mahasiswa sedangkan untuk jurusan Manajemen sebanyak 299 mahasiswa. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 86 responden (20% dari populasi) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Untuk menguji hipotesis digunakan alat analisis regresi berganda. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan bebas dari masalah multikolinearitas, autokorelasi dan memenuhi asumsi normalitas. Namun terjadi masalah heterokedastisitas, maka perlu dilakukan Newey West HAC Standard Error & Covariance (lag truncation = 3) untuk menghilangkan residual yang tidak konstan. Dari hasil adjust Newey West HAC Standard Error & Covariance (lag truncation = 3) diperoleh grafik scatterplot hasil perbaikan yang terbebas dari masalah heterokedastisitas. Hasil analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis I diperoleh nilai F hitung (31,87233) lebih besar dari nilai F tabel (2,53) dapat diartikan bahwa Kebudayaan (X1), Kelas Sosial (X2), Kelompok Referensi (X3) dan Keluarga (X4) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan dengan Keputusan Pembelian (Y). Koefisien determinasi (R2) = 0,611491 menunjukkan kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga memberikan kontribusi secara serempak dalam menjelaskan peubah terikat (keputusan pembelian) sebesar 61,1491%, dan sisanya (38,8509%) dipengaruhi oleh peubah-peubah lain yang tidak terdapat dalam model. Nilai t hitung masing-masing peubah bebas lebih besar dari nilai t tabel dan nilai prob masing-masing peubah bebas di bawah nilai Alpha (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa peubah-peubah Kebudayaan (X1), Kelas Sosial (X2), Kelompok Referensi (X3) dan Keluarga (X4) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah Keputusan Pembelian (Y). Dengan demikian hipotesis I yang menyatakan bahwa peubah Kebudayaan (X1), Kelas Sosial (X2), Kelompok Referensi (X3) dan Keluarga (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) terbukti, sehingga hipotesis I terbukti. Dari hasil pengujian hipotesis II dapat diketahui bahwa peubah bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) adalah peubah Kelas Sosial (X2) karena mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,331605). Sehingga hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya.

 

18.116.42.158