Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

EFEKTIVITAS MARKET STIMULUSDALAM RANGKA MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SHAMPO MEREK CLEAR (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUçEçWARA MALANG ANGKATAN 2001/2002)

Thesis Detail
Author MADE YEPPI HERUNDA
Student's ID (NPK) K.2001.1.26105 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword EFEKTIVITAS,MARKET,STIMULUS,KEPUTUSAN,PEMBELIAN
Page(s) 72
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Produk shampo memiliki pangsa pasar dalam aneka jenis dan merek, dimana masing-masing industri shampo menawarkan berbagai keunggulan, manfaat dan formula yang unik. Pada industri shampo kini menjadi persaingan yang ketat diantara perusahaan penghasil shampo dalam usaha merebut pangsa pasar guna meningkatkan penjualan, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Dengan demikian, pihak perusahaan dalam hal ini PT. Unilever Indonesia Tbk sebagai produsen tunggal shampo merek Clear perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat dengan menggunakan rangsangan pasar atau Market Stimulus untuk meningkatkan penjualannya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang masih aktif kuliah di STIE Malangkuçeçwara Malang angkatan 2001/2002, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 96 orang responden. Dari 96 responden diharapkan akan dapat mewakili penelitian yang sebenarnya. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana faktor Produk, Harga, Tempat, Promosi secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui faktor manakah diantara Produk, Harga, Tempat, Promosi yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian shampo merek Clear. Uji validitas dan reliabilitas dari indikator – indikator dalam variabel kesemuanya menunjukkan valid dan reliabel, ini ditunjukkan dengan nilai dari koefisien korelasi lebih besar dari nilai signifikasi (a=0,05) dengan demikian layak digunakan sebagai penelitian selanjutnya dan pengujian atas peubah – peubah penelitian ini menggunakan uji korelasi berganda, uji korelasi parsial dan uji regresi berganda. Dengan taraf nyata/ signifikan adalah 5% atau 0,05. Pengujian hipotesis yang pertama menguji apakah ada hubungan dan pengaruh secara bersama-sama antara peubah produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), Promosi (X4) terhadap keputusan pembelian shampo merek Clear (Y). Untuk menguji hipotesis pertama digunakan alat analisis korelasi berganda. Berdasarkan hasil pengujian menunjukan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,780 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,608 dengan F hitung sebesar 35,252 sedangkan F tabel sebesar 2,45 pada tingkat signifikan 5%, karena nilai F hitung lebih besar dari F tabel. Jadi hipotesis yang menyatakan bahwa peubah Produk, Harga, Tempat dan Promosi secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dapat diterima. Hipotesis kedua menguji apakah peubah Produk (X1) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan pembelian shampo merek Clear (Y). Untuk menguji hipotesis kedua digunakan alat analisis korelasi parsial dan regresi berganda. Berdasarkan hasil uji korelasi parsial menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi parsial peubah Produk sebesar 0,561 lebih besar jika dibandingkan dengan koefisien korelasi parsial peubah Harga sebesar 0,243, Tempat sebesar 0,478 dan Promosi sebesar 0,216. Dengan demikian peubah Produk mempunyai hubungan yang paling kuat terhadap keputusan pembelian daripada peubah-peubah lainnya. Sedangkan berdasarkan koefisien regresi peubah Produk mempunyai nilai koefisien regresi sebesar 0,399 paling besar jika dibandingkan dengan peubah Harga yang hanya memiliki koefisien regresi sebesar 0,149, Tempat sebesar 0,329 dan Promosi sebesar 0,143 yang berarti bahwa Produk memiliki sumbangan/kontribusi yang paling besar terhadap keputusan pembelian.

 

13.59.243.64