Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP CITRA RUMAH SAKIT BERSALIN“ MARDI WALOEJA “ MALANG

Thesis Detail
Author DIAN SHERLY EKAWATI
Student's ID (NPK) A.981.22592 (AKUNTANSI)
Subject ANGGARAN
Keyword PELAYANAN, PENGARUH, CITRA,
Page(s) 89
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Pada saat ini diyakini bahwa kunci utama untuk memenangkan persaingan adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui pelayanan jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Perhatian terhadap kepuasan pasien merupakan hal yang sangat penting mengingat pasien sebagai sumber pendapatan utama bagi RSB. Mardi Waloeja Malang dan hendaknya pihak RSB. Mardi Waloeja Malang lebih memperhatikan peningkatan kualitas pelayanan sebagai tujuan utamanya. Oleh karena itu berbagai atribut kualitas pelayanan seperti bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati harus mendapat perhatian dari pengelola dan pelaksana RSB. Mardi Waloeja Malang, karena atribut-atribut itulah yang nantinya akan dipersepsikan oleh pasien. Jika pasien telah memberikan persepsi yang baik atas pelayanan yang diberikan oleh RSB. Mardi Waloeja Malang maka dapat dipastikan bahwa pasien telah memperoleh apa yang diharapkannya dan itu berarti pasien merasakan kepuasan atas pelayanan yang diberikan. Selanjutnya pasien yang merasa puas atas pelayanan yang diterima akan cenderung berperilaku yang menguntungkan bagi RSB. Mardi Waloeja Malang antara lain pasien akan memberikan penilaian yang positif terhadap citra RSB. Mardi Waloeja Malang. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian penjelasan yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui hipotesa. Jenis penelitian ini dipilih untuk mengetahui adakah pengaruh variabel bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara bersama-sama terhadap citra RSB. Mardi Waloeja Malang serta mencari variabel manakah yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap citra RSB. Mardi Waloeja Malang. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan yaitu dengan uji statistik regresi berganda dan korelasi berganda serta melakukan rekapitulasi koefisien regresi parsial dan koefisien korelasi parsial ternyata ada pengaruh variabel bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara bersama-sama terhadap citra RSB. Mardi Waloeja Malang. Dan ternyata variabel empati (X5) yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap citra RSB. Mardi Waloeja Malang dengan nilai p = 0,017, r partial = 0,463 dan t-hitung = 2.561 dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 20,6%. Variabel berikutnya dengan selisih yang terkecil ialah variabel bukti langsung dengan nilai p = 0,022, r partial = 0,447 dan t-hitung = 2.446 serta kontribusi pengaruhnya sebesar 13,5%.

 

18.119.172.243