Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK NEGARA INDONESIA CABANG UNMER MALANG (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MERDEKA MALANG)

Thesis Detail
Author SHINDY SULISTIYAWATI
Student's ID (NPK) K.2001.1.26757 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword KUALITAS,JASA,MENABUNG,BANG NEGARA INDONESIA
Page(s) 96
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) SETIYAWAN Dr, SE, MS
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa yang diwujudkan dalam lima dimensi kualitas berupa tangible (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan dan kepastian) serta empathy (perhatian) terhadap keputusan menabung pada Bank Negara Indonesia Cabang Unmer Malang serta untuk mengetahui kualitas jasa yang diwujudkan dalam lima dimensi kualitas berupa tangible (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan dan kepastian) serta empathy (perhatian) yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan menabung pada Bank Negara Indonesia Cabang Unmer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Merdeka Malang, sebagai pengguna jasa Bank Negara Indonesia Cabang Unmer Malang dan sampel ditentukan sebanyak 60 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Dari hasil pengujian hipotesis I dengan alat analisis regresi berganda diperoleh F hitung sebesar 44,449 lebih besar dari nilai F tabel pada df (n-k-1) = 54 dan k = 5 sebesar 2,37 yang berarti bahwa peubah-peubah Tangible/Bukti Fisik (X1), Reliability/Keandalan (X2), Responsiveness/Daya Tanggap (X3), Assurance/Jaminan dan Kepastian (X4) dan Empathy/Perhatian (X5) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Menabung (Y) pada BNI Cabang Unmer Malang. Nilai R square yang diperoleh sebesar 0,805 menunjukkan bahwa Keputusan Menabung (Y) pada BNI Cabang Unmer Malang dipengaruhi oleh peubah-peubah bebas yang digunakan dalam penelitian ini berupa Tangible/Bukti Fisik (X1), Reliability/Keandalan (X2), Responsiveness/Daya Tanggap (X3), Assurance/Jaminan dan Kepastian (X4) dan Empathy/Perhatian (X5) sebesar 80,5%, sedangkan sisanya sebesar 19,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak terdapat dalam model. Dari hasil pengujian hipotesis I tersebut maka dapat disimpulkan bahwa peubah-peubah Tangible/Bukti Fisik (X1), Reliability/Keandalan (X2), Responsiveness/Daya Tanggap (X3), Assurance/Jaminan dan Kepastian (X4) dan Empathy/Perhatian (X5) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Menabung (Y) pada BNI Cabang Unmer Malang maka hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya.. Hasil pengujian hipotesis II diketahui bahwa nilai t hitung masing-masing peubah bebas lebih besar dari nilai t tabel yang berarti masing-masing peubah bebas yaitu Tangible/Bukti Fisik (X1), Reliability/Keandalan (X2), Responsiveness/Daya Tanggap (X3), Assurance/Jaminan dan Kepastian (X4) dan Empathy/Perhatian (X5) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Menabung. Dan dari besarnya nilai koefisien regresi diketahui bahwa peubah Reliability/Keandalan (X2) mempunyai nilai koefisien regresi terbesar sebesar 0,192, sehingga peubah bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Menabung (Y) adalah peubah Reliability/Keandalan (X2). Dengan kata lain hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya

 

18.118.210.133