Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH MENGAMBIL PRODUK PEMBIAYAAN PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA SYARI’AH CABANG MALANG

Thesis Detail
Author FARIZAL MUHTAZI
Student's ID (NPK) K.2001.1.25952 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PERBANKAN
Keyword NASABAH,PRODUK,PEMBIAYAAN,SYARIAH
Page(s) 76
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) NUNUNG NURASTUTI UTAMI Dra, M.Si
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh informasi (X1), usia dan tahap siklus hidup (X2), kelompok referensi (X3), gaya Hidup (X4), Agama (X5), sikap dan kepercayaan (X6), dan lokasi (X7) terhadap pengambilan keputusan baik secara simultan maupun secara individu. Serta mengetahui peubah manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap pangambilan produk pembiayaan pada PT. Bank Negara Indonesia Syari’ah Cabang Malang. Populasi dalam penelitan ini adalah nasabah pembiayaan pada PT. Bank Negara Indonesia Syari’ah Cabang Malang. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa jumlah nasabah hingga akhir april tahun 2005 sebanyak 1000 orang. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 57 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan aksidental sampling Untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan digunakan alat analisis regresi berganda. Penelitian menunjukkan bahwa peubah informasi (X1), usia dan tahap siklus hidup (X2), kelompok referensi (X3), gaya hidup (X4), agama (X5), sikap dan kepercayaan (X6), dan lokasi (X7) terhadap pengambilan keputusan memiliki sebesar 0,596 atau 59,6 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa peubah informasi (X1), usia dan tahap siklus hidup (X2), kelompok referensi (X3), gaya hidup (X4), agama (X5), sikap dan kepercayaan (X6), dan lokasi (X7) secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengambilan produk pembiayaan (Y) pada PT. Bank Negara Indonesia Syari’ah Cabang Malang. Namun dari uji secara parsial diketahui hanya peubah kelompok referensi yang mempunyai signifikan terhadap pengambilan keputusan dalam pengambilan produk pembiayaan pada PT. Bank Negara Indonesia Syari’ah Cabang Malang. Sedangkan dari hasil uji hipotesis kedua diduga bahwa faktor agama mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan, namun dari hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kelompok referensi (X3) yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan dalam pengambilan produk pembiayaan (Y) pada PT. Bank Negara Indonesia Syariah Cabang Malang. Hal ini disebabkan karena nasabah atau konsumen tidak terpengaruh terhadap adanya keterikatan religi, penerapan syari’at islam, maupun terhindar dari praktek riba.

 

18.221.92.170