Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERANAN PENINGKATAN PROMOSIDALAM RANGKA MENINGKATKAN HUNIAN HOTEL BARUNA BEACH COTTAGES DI SINGARAJA BALI

Thesis Detail
Author ASTRI EVARINI
Student's ID (NPK) K.2000.1.24958 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PROMOSI,HOTEL,
Page(s) 73
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) FERRIMANSYAH Drs, MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dunia perhotelan di Bali pada umumnya mengalami penurunan tingkat hunian sejak terjadinya krisis ekonomi awal 1997, penurunan ini lebih parah lagi sejak terjadinya tragedi bom Bali Oktober 2002 yang lalu, dimana tingkat hunian Hotel Baruna Beach Cottages di Singaraja Bali pada saat itu hanya berkisar 20% saja. Tahun 2004 ini, seiring dengan pulihnya perekonomian Indonesia dan pasca bom Bali, pengelola hotel harus benar-benar melakukan aktivitas promosi yang tepat agar dapat menarik perhatian konsumen untuk menggunakan jasa hotel. Hotel Baruna Beach Cottages melaksanakan beberapa kegiatan promosi, yaitu advertising (iklan di radio Guntur FM), sales promotion (memberikan hadiah berupa souvenir miniatur lumba-lumba yang terbuat dari kayu) dan public relation yaitu dengan mengadakan jumpa pers. Aktivitas promosi memiliki peran yang baik terhadap peningkatan tingkat hunian, dengan hasil analisis sebagai berikut: Dari hasil analisis korelasi berganda dapat disimpulkan bahwa advertising (X1), sales promotion (X2) dan public relation (X3) memiliki hubungan yang sangat erat dengan tingkat hunian kamar sebesar 0,930. Dari hasil analisis least square dapat diketahui: Besarnya peramalan biaya advertising pada tahun 2005 sebesar Rp 7.748.252, biaya sales promotion sebesar Rp 2.725.296 dan biaya public relation sebesar Rp 6.681.585. Peramalan tingkat pendapatan penjualan kamar tahun 2005 sebesar Rp 330.216.160. Peramalan tingkat hunian pada tahun 2005 mencapai 56,45%. Dari hasil analisis standar deviasi disimpulkan bahwa tingkat pendapatan yang paling tinggi = Rp 338.898.949 sedangkan tingkat pendapatan terendah = Rp 321.533.371. Dalam upaya meningkatkan tingkat hunian atau volume penjualan kamar, maka Hotel Baruna Beach Cottages tetap dianjurkan untuk menggunakan aktivitas promosi seperti advertising (melalui media Radio Guntur FM), sales promotion (souvenir miniatur lumba-lumba) dan public relation (mengundang wartawan untuk jumpa pers). Penayangan iklan di radio hendaknya dipilihkan hari dan waktu yang tepat yaitu hari hari Kamis – Minggu antara pukul 8.00 – 12.00 dan 19.00 – 21.00 waktu setempat. Jumlah souvenir hendaknya ditambah, agar semakin banyak konsumen yang mendapatkan sehingga informasi berkenaan dengan keberadaan Hotel Baruna beach Cottages semakin tersebar luas. Untuk public relation, kegiatan yang dilakukan saat ini hendaknya ditingkatkan dengan memberikan fasilitas yang lebih baik bagi wartawan yang diundang, misalnya dengan memberikan servis yang memuaskan dari segi pelayanan (pemberian snack, minum atau hiburan lainnya

 

3.21.104.72