Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK SAMPOERNA “A MILD” ( STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUCECWARA MALANG )

Thesis Detail
Author DHENNY MARDANU EKA CAHYA
Student's ID (NPK) K.2001.1.26581 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS, ATRIBUT PRODUK, ROKOK
Page(s) 96
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) Immama Zuchroh B.Sc, M.Com.
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh peubah-peubah atribut produk yang meliputi merek, kemasan, harga dan kualitas terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna A Mild serta untuk mengetahui diantara peubah atribut produk yaitu merek, kemasan, harga dan kualitas mana yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna A Mild. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang sebagai konsumen pengguna produk rokok Sampoerna A Mild yang dititikberatkan pada mahasiswa dengan jenis kelamin laki-laki. Sampel ditentukan sebanyak 60 responden dengan tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas diketahui bahwa semua item pada masing-masing peubah valid dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan bebas multikolinearitas, autokorelasi, heterokedastisitas serta memenuhi asumsi normalitas. Dari hasil pengujian hipotesis I dengan alat analisis regresi berganda diperoleh nilai F hitung = 45,336 lebih besar dari nilai F tabel = 2,53. Hal ini berarti peubah-peubah bebas berupa Merek (X1), Kemasan (X2), Harga (X3) dan Kualitas (X4) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat berupa Keputusan Pembelian (Y). Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,767 menunjukkan bahwa peubah-peubah bebas berupa Merek (X1), Kemasan (X2), Harga (X3) dan Kualitas (X4) secara bersama-sama menjelaskan peubah Keputusan Pembelian (Y) sebesar 76,7% sedangkan sisanya sebesar 23,3% dijelaskan oleh faktor-faktor lain selain yang diteliti dalam penelitian ini misalnya promosi, tempat penjualan, gaya hidup dan lain sebagainya. Dari hasil uji t diketahui bahwa nilai t hitung masing-masing peubah lebih besar dari nilai t tabel sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa peubah-peubah bebas berupa Merek (X1), Kemasan (X2), Harga (X3) dan Kualitas (X4) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat berupa Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis I terbukti kebenarannya. Hasil pengujian hipotesis II dengan alat analisis regresi berganda diketahui bahwa peubah Kualitas (X4) mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,331) diantara peubah bebas yang lain sehingga dapat disimpulkan bahwa peubah Kualitas (X4) merupakan peubah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dengan kata lain bahwa hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya.

 

3.144.2.233