Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISISFAKTOR-FAKTORBAURANPEMASARANYANGBERPENGARUHTERHADAPKEPUTUSANMENABUNGJENISTABUNGANMUDHARABAHDIBANKMANDIRISYARIAH MALANG

Thesis Detail
Author S U S I A T I
Student's ID (NPK) K.2001.1.26344 (MANAJEMEN)
Subject PERBANKAN
Keyword ANALISIS FAKTOR FAKTOR
Page(s) 79
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan marketing mix yang terdiri dari product, price, place dan promotion secara besama-sama terhadap keputusan menabung dan untuk mengetahui pengaruh marketing mix yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan menabung yang dilakukan oleh nasabah dalam memilih jenis tabungan mudharabah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Jadi, untuk menemukan sampel yang ditunjuk sebagai responden, masyarakat Malang yang diasumsikan oleh penulis pernah atau sebagai nasabah jenis tabungan mudharabah di Bank Mandiri Syariah Malang. Kalau jawabannya “ya” (menggunakan), maka masyarakat tersebut dapat ditunjuk sebagai sampel, apabila jawaban “tidak”, maka masyarakat Malang tersebut tidak dapat ditunjuk sebagai sampel. Demikian seterusnya, sampai banyaknya sampel yang ditentukan terpenuhi, yaitu 64 responden didasarkan atas jumlah nasabah penabung jenis tabungan mudharabah akhir bulan September 2004. Sesuai dengan tujuan tersebut, dikemukakan dua hipotesis, yaitu. a. Hipotesis I, yang menduga bahwa peubah product (X1), peubah price (X2), peubah place (X3) dan peubah promotion (X4) secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang bermakna terhadap keputusan menabung (Y). b. Hipotesis II, yang menduga bahwa peubah place (X3) memiliki pengaruh yang dominan terhadap keputusan keputusan menabung (Y), diantara peubah yang lain. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, digunakan metode analisis uji F dan uji t dengan data yang diambil dari jawaban kuisioner yang disebarkan kepada 64 responden yang ditunjuk sebagai sampel penelitian. Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap responden dikemukakan simpulan sebagai berikut. a. Hasil analisis untuk hipotesis I, dapat dibuktikan dengan besarnya F hitung = 173,550 adalah lebih besar dari F tabel = 2,53 yang menghasilkan keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis I yang diajukan dapat dibuktikan. b. Hasil analisis untuk hipotesis II, dapat dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi parsial dan koefisien regresi peubah place (X3) adalah paling besar, yaitu berturut-turut sebesar 0,476 dan 0,486 bila dibandingkan dengan peubah bebas yang lainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peubah place (X3) merupakan peubah yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan menabung, sehingga hipotesis II dapat diterima dan terbukti.

 

3.17.187.116