Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUHATRIBUTPRODUKTERHADAP PEMBELIANULANGROKOKGUDANGGARAM (RISET PADA WARGA BUMI SUMEKAR ASRI, DS. KOLOR SUMENEP)

Thesis Detail
Author WIWID HARJO YUDANTO
Student's ID (NPK) K.2000.1.25128 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS,PENGARUH,ATRIBUT,PRODUK,PEMBELIAN,ULANG
Page(s) 58
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Secara umum, tujuan penelitian yang berjudul Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Pembelian Ualng Rokok Gidang Garam (Studi pada Warga Bumi Sumekar Asri Ds. Kolor Sumenep) adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk yang terdiri dari merk, harga, kemasan dan rasa atau aroma secara besama-sama terhadap keputusan pembelian ulang dan untuk mengetahui pengaruh atribut yang paling signifikan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian ulang yang dilakukan oleh konsumen dalam mengkonsumsi rokok Gudang Garam. Sesuai dengan tujuan tersebut, dikemukakan dua hipotesis, yaitu. a. Hipotesis I, yang menduga bahwa peubah merk (X1), peubah harga (X2), peubah kemasan (X3) dan peubah rasa atau aroma (X4) mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap peubah keputusan pembelian ulang (Y). b. Hipotesis II, yang menduga bahwa peubah merk (X1) memiliki pengaruh paling signifikan terhadap peubah keputusan pembelian ulang (Y), bila dibandingkan dengan harga (X2), peubah kemasan (X3) dan peubah rasa atau aroma (X4). Untuk membuktikan hipotesis tersebut, digunakan metode analisis uji F dan uji t dengan data pokok yang diambil dari jawaban kuisioner yang disebarkan kepada 65 responden yang ditunjuk sebagai sampel penelitian. Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap responden dikemukakan simpulan sebagai berikut. a. Hipotesis I, yang menyatakan peubah merk (X1), peubah harga (X2), peubah kemasan (X3) dan peubah rasa atau aroma (X4) mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap peubah keputusan pembelian ulang (Y). Hal ini dapat dibuktikan dengan besarnya F hitung = 29,645 adalah lebih besar dari F tabel = 2,53 yang menghasilkan keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis I yang diajukan dapat dibuktikan. b. Hipotesis II, yang menyatakan bahwa peubah merk (X1) memiliki pengaruh paling signifikan terhadap peubah keputusan pembelian ulang (Y), bila dibandingkan dengan harga (X2), peubah kemasan (X3) dan peubah rasa atau aroma (X4), hal ini tidak dapat dibuktikan, karena nilai koefisien regresi dan korelasi parsial peubah merk (X1) adalah paling besar, yaitu 0,320 dan 0,598, serta bila dibandingkan dengan peubah bebas yang lainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peubah merk (X1) merupakan peubah yang paling signifikan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian, sehingga hipotesis II dapat diterima dan terbukti.

 

3.145.130.227