Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DIDALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSANPEMBELIAN KARTU PERDANA(STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUçEçWARA MALANG)

Thesis Detail
Author ANDRIE SETIAWAN
Student's ID (NPK) K.2001.1.26111 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN,KARTU PERDANA,KEPUTUSAN
Page(s) 73
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) MUNIROH Dra, MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Telepon genggam saat ini merupakan bagian dari kemajuan teknologi di bidang telekomunikasi dan merupakan kebutuhan masyarakat. Penggunaan telepon genggam sendiri tidak akan lepas dari penggunaan kartu perdana yang merupakan bagian terpenting dari alat komunikasi itu sendiri. Mahasiswa khususnya mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang cenderung untuk berganti-ganti kartu perdana, hal ini mungkin dapat dibedakan dengan kalangan pebisnis ataupun orang yang telah bekerja yang tetap atau permanen dalam menggunakan kartu telepon mereka, karena nomor telepon merupakan hal penting bagi mereka. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan sebelumnya maka dapat disusun rumusan permasalahan penelitian sebagai berikut: “Seberapa besar hubungan dan pengaruh faktor motivasi, keluarga, kelas sosial dan kelompok referensi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian kartu perdana”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan dan pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian Kartu Perdana dan untuk mengetahui peubah yang dominan diantara peubah Motivasi (X1), Keluarga (X2), Kelompok Referensi (X3) dan Kelas Sosial (X4) terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam membeli Kartu Perdana (Y). Jenis penelitian adalah penelitian korelasional. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini dengan menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 orang yang dianggap peneliti sudah cukup mewakili. Berdasarkan analisis data, baik secara korelasi berganda, regresi berganda dan korelasi parsial, diketahui bahwa hipotesis akan diterima apabila F hitung lebih besar dari F tabel, dan t hitung lebih besar dari t tabel, maka dapat dibuat kesimpulan bahwa antara peubah bebas dengan peubah terikat terdapat hubungan yang cukup kuat, ini ditunjukkan dengan melihat koefisien korelasi (R) sebesar 0,746 pada F hitung 14,141 dan F tabel sebesar 2,61. Maka keputusan yang diberikan untuk hipotesis I adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Pada pengujian hipotesis II dapat diketahui bahwa peubah Keluarga (X2) mempunyai pengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam membeli Kartu Perdana (Y). Hal ini dapat dilihat dari koefisien regresi sebesar 0,612 yang lebih besar dibandingkan dengan yang lain. Maka keputusan yang diberikan untuk hipotesis II adalah Ha diterima dan Ho ditola

 

18.118.193.108