Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HARIAN UMUM JAWA POST (STUDI PADA MASYARAKAT KELURAHAN BLIMBING KECAMATAN BLIMBING)

Thesis Detail
Author LUSY HANDAYANI
Student's ID (NPK) A.2001.1.26034 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGARUH,FAKTOR,EKSTERNAL,KEPUTUSAN,PEMBELIAN
Page(s) 69
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat adalah informasi. Dengan informasi, manusia dapat mengetahui berbagai peristiwa-peristiwa yang terjadi di berbagai belahan bumi dengan cepat, tepat dan akurat. Banyak media informasi yang tersedia seperti televisi, majalah, radio, internet serta surat kabar yang memberikan alternatif bagi masyarakat untuk memilih informasi yang dianggap sesuai dengan selera dan kebutuhan individu masyarakat yang bersangkutan. Penelitian dengan judul pengaruh lingkungan eksternal mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian harian umum Jawa Pos, bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perilaku konsumen antara lain faktor kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga secara serentak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian surat kabar Jawa Pos di Kelurahan Blimbing Malang (Y) dan untuk mengetahui faktor eksternal manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian surat kabar Jawa Pos di Kelurahan Blimbing Malang (Y). Berdasarkan pertimbangan terbatasnya waktu, biaya dan tenaga, maka jumlah sampel yang ditetapkan pada penelitian ini adalah sebanyak 100 KK yang ditetapkan secara acak dari seluruh jumlah RW di Kelurahan Blimbing Malang. Agar jumlah sampel yang diambil dapat representatif, maka digunakan pengambilan sampel secara accidental sampling. Berdasarkan hasil pengujian terhadap hipotesis I bahwa semua peubah bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat artinya bahwa peubah kebudayaan (X1), kelas sosial (X2), Kelompok referensi (X3), keluarga (X4) secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian surat kabar Jawa Pos di Kelurahan Blimbing Malang, karena F-hitung sebesar 40,646 lebih besar dari pada F-tabel 2,37 maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima artinya hipotesis yang menyatakan bahwa peubah bebas secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap peubah terikat dapat diterima. Sedangkan untuk menguji pengaruh peubah bebas secara individu (parsial) terhadap peubah terikat yaitu dengan membandingkan t hitung dengan t tabel, karena t hitung peubah kebudayaan (X1) sebesar 8,415, kelas sosial (X2) sebesar 5,971, belajar (X3) sebesar 4,583 dan keluarga (X4) sebesar 5,255 lebih besar dari t tabel sebesar 1,661 maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima artinya hipotesis yang menyatakan bahwa peubah bebas secara individu mempunyai pengaruh signifikan terhadap peubah terikat dapat diterima. Berdasarkan hasil pengujian terhadap hipotesis II bahwa peubah kebudayaan (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian keputusan pembelian surat kabar Jawa Pos di Kelurahan Blimbing Malang (Y), digunakan nilai koefisien regresi masing-masing peubah bebas, menunjukkan bahwa peubah kebudayaan (X1) mempunyai kontribusi paling tinggi yaitu sebesar 0,193 jika dibandingkan dengan peubah kelas sosial (X2), kelompok referensi (X3) dengan kontribusi sebesar 0,147 dan peubah keluarga (X4) dengan kontribusi sebesar 0,117. Karena peubah kebudayaan (X1) mempunyai kontribusi lebih tinggi dibanding peubah kelas sosial (X2), kelompok referensi (X3) dan keluarga (X4) maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima artinya peubah kebudayaan (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian surat kabar Jawa Pos di Kelurahan Blimbing Malang dapat diterima.

 

3.128.171.203