Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGGUNAAN ANALISIS LINGKUNGAN SEBAGAI DASAR DALAM PENETAPAN STRATEGI (STUDI KASUS PADA HARIAN JAWA POS RADAR MALANG)

Thesis Detail
Author ANGGORO FAHRUR RIYANDRI
Student's ID (NPK) A.2001.1.25928 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN STRATEGI
Keyword ANALISIS,LINGKUNGAN,PENETAPAN,STRATEGI
Page(s) 66
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Banyak perusahaan tidak dapat menyesuaikan strategi dengan lingkungannya atau tidak bereaksi dengan tuntutan lingkungan yang mana dapat mengurangi prestasi dari tujuan suatu organisasi, untuk itu perusahaan harus memperhatikan lingkungan dengan menentukan factor-faktor dalam lingkungan yang akan memberikan peluang terhadap pencapaian tujuan perusahaan dengan strategi yang ada pada perusahaan. Berdasarkan pembahasan, maka dapat diketahui bahwa permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah: “ Bagaimana pelaksanaan analisis lingkungan agar dapat digunakan sebagai pedoman dalam merumusakan strategi yang unggul didalam bersaing pada perusahaan” Tujuan dari analisis lingkungan adalah untuk mencapai keselarasan anatara kekuatan dan kelemahan perusahaan dengan peluang dan ancaman yang akan menghambat tercapainya tujuan perusahaan. Analisis SAP adalah suatu evaluasi secara sistematis keunggulan strategi perusahaan dengan cara menentukan pertimbangan setiap faktor penting untuk perusahaan yang bersaing dalam lingkungannya. Dari hasil analisis SAP diketahui bahwa kekuatan perusahaan berada pada kondisi keuangan yang baik, karyawan yang ahli dan loyal, hubungan yang baik dengan Jawa Pos, dan strategi pemasaran yang bagus, sedangkan kelemahannya terletak pada system produksi dan operasinya. Analisis ETOP adalah cara yang sistematis untuk melakukan diagnosis terhadap wujud ancaman dan peluang bagi perusahaan. Dari hasil analisis ETOP diketahui bahwa peluang bagi perusahaan adalah semakin banyaknya jumlah penduduk di kota Malang dan sekitarnya, dan semakin berkembangnya kota Malang baik sebagai pusat industri maupun pelajar, sedangkan ancamannya adalah semakin banyaknya pesaing dalam bidang yang sama yang menyjikan informasi yang beraneka. Analisis SWOT adalah analisis yang biasanya digunakan untuk menganalisis lingkungan usaha yang mengandung kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang yang akan dihadapi oleh perusahaan. Berdasarkan hasil adari analisis tersebut maka alternatif strategi yang dipilih adalah strategi kombinasi yaitu perluasan pasar dan inovasi, yang diharapkan dengan adanya strategi tersebut perusahaan dapat meningkatkan kualitas dari produknya secara keseluruhan sehingga banyak diminati oleh para konsumen. Implementasi yang diambil adalah dalam bidanga keuangan: meningkatkan laba yang telah diperoleh, dalam bidang pemasaran: melakukan promosi melalui poster dan selebaran, dibidang sumber daya manusia: mengadakan pelatihan karyawan, dan dalam bidang produksi dan oprasi yaitu meningkatkan mutu dan kualitas dari berita yang diturunkan.

 

3.23.101.91