Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISA SWOT UNTUK MENCAPAI TUJUAN PERUSAHAAN PADA PT.UPAYAKITA ARUNGGAPLASINDO SURABAYA

Thesis Detail
Author STEFANUS HASUDUNGAN PANGGABEAN
Student's ID (NPK) K.2001.1.26719 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN STRATEGI
Keyword PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN
Page(s) 94
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Lingkungan dunia usaha saat ini berkembang dengan sangat pesat dan dinamis dengan kondisi persaingan yang semakin ketat. Pengaruh lingkungan sangat dominan terhadap kelangsungan hidup suatu perusahaan. Oleh karena itu agar perusahaan mempunyai kemampuan untuk bersaing maka perusahaan tersebut harus mampu mengatur dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : pertama untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang berhubungan dengan pemasaran yang ada pada perusahaan. Kedua adalah untuk mengetahui peluang-peluang yang ada dan ancaman-ancaman yang dihadapi perusahaan. Berdasarkan tujuan penelitian, maka jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus karena penelitian ini memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan mendetail, dari sifat yang mendalam tersebut akan diperoleh segala sesuatu yang mempunya arti pada keberadaan kasus baik peristiwa terjadinya, perkembangan, maupun perubahan-perubahannya. Data yang digunakan dalam penelitian untuk mencapai tujun penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Dimana data primer adalah data yang diperoleh dari peusahaan yang menjadi obyek penelitian dalam hal ini adalah “PT.UPAYAKITA ARUNGGAPLASINDO SURABAYA”. Sedangkan data sekunder adalah data yang merupakan data yang mendukung pemecahan masalah yang dihadapi perusahaan, dimana data sekunder bersumber dari instansi di luar perusahaan dan bisa diperoleh dan dikumpulkan langsung dari perpustakaan. Sebagai akibat pengaruh era globalisasi yang sangat mendasar dewasa ini, berbagai perubahan-perubahan terjadi baik di sektor perekonomian maupun politik, sehingga dapat mempengaruhi lingkungan dunia usaha yang tidak dapat dihindari. Perubahan-perubahan tersebut ada yang berdampak positif dan ada pula yang berdampak negatif bagi lingkungan dunia usaha. Oleh karena itulah dengan menerapkan manajemen strategi yang tepat diharapkan perusahaan dapat mengantisipasi perubahan lingkungannya, sehingga kelangsungan hidup perusahaan tetap terjaga dan tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Untuk menentukan strategi yang tepat terdapat beberapa alat analisis, dimana analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT. Dan untuk mendukung hasil akhir maka digunakan juga analisis SAP dan analisis ETOP. Pada dasarnya setiap perusahaan selalu ingin lebih baik di masa yang akan datang. Hal ini berarti perusahaan harus mampu mengendalikan dan mengatur lingkungan intern usaha yang meliputi : kualitas sumber daya manusia, kualitas operasional, pemasaran, serta harus cepat tanggap dan jeli terhadap lingkungan ekstern perusahaan yang meliputi : kondisi ekonomi, pemerintah pesaing, serta tekhnologi yang semakin mengarah pada kemajuan.

 

3.23.101.91