Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENERAPAN BALANCED SCORECARDSEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA UNTUK MENCAPAI TUJUAN PERUSAHAAN PADA HOTEL BRONGTO YOGYAKARTA

Thesis Detail
Author H E R N Y
Student's ID (NPK) A.2001.1.26622 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Keyword PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA
Page(s) 82
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan penelitian ini secara keseluruhan adalah untuk mengetahui penerapan Balanced Scorecard sebagai alat pengukur kinerja perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu penelitian yang bermaksud membuat penyandraan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu. Alasan digunakan deskriptif, karena dalam penelitian ini memberikan gambaran secara jelas mengenai penerapan balanced scorecard sebagai alat ukur pengukur kinerja perusahaan. Metodologi penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis Balanced Scorecard, sehingga peubah dalam penelitian ini adalah (1) Perspektif Keuangan, dengan pengukuran yang digunakan adalah : ROI, Sales Growth, Reduce Unit Cost. (2) Perspektif Pelanggan, dengan pengukuran yan digunakan adalah : Pangsa pasar, Customer Retention, Customer Acquisition, Number of Complaints. (3) Perspektif Proses Bisnis Internal, dengan pengukuran yang digunakan adalah : Inovasi produk, Pemeliharaan produk, (4) Perspektif Belajar dan Berkembang, dengan pengukuran yang digunakan adalah : Employee Training Hour, Employee Turnover, Nilai tambah pegawai, Absenteeism, Tardiness. Secara keseluruhan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan melalui Balanced Scorecard ternyata diketahui bahwa Balanced Scorecard dapat digunakan untuk melakukan penilaian kinerja perusahaan, berdasarkan aspek keuangan dan non keuangan yang meliputi perspektif pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan, sehingga manajer perusahaan semakin banyak memiliki informasi sebelum menentukan keputusan strategi. Kata kunci : Balanced Scorecard, pengukuran kinerja, tujuan perusahaan.

 

18.218.137.93