Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PEMASARAN PADA TOKO ECERAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA TOKO CAHAYA KEPANJEN)

Thesis Detail
Author FANIA DWI ARIYANTI
Student's ID (NPK) K.2001.1.26018 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGARUH,PEMASARAN,KEPUTUSAN,PEMBELIAN
Page(s) 70
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penjualan secara eceran seperti toko, mini market, super market sudah bukan menjadi hal baru bagi masyarakat kita baik di kota maupun didaerah. Banyaknya toko eceran ini, selain menjadi peluang bagi pengelolanya, juga merupakan suatu ancaman persaingan yang sangat ketat bagi sesama toko eceran. Persaingan ini menuntut pengelola toko eceran untuk melaksanakan aktivitas pemasaran yang tepat agar dapat menarik perhatian konsumen dan mempengaruhinya agar membeli di toko yang dikelolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran toko eceran terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui aktivitas pemasaran toko eceran yang paling besar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Terdapat dua hipotesis yang dikemukakan, yaitu Hipotesis I diduga persediaan barang (X1), suasana toko (store atmosphere) (X2), harga (X3), promosi (X4) dan lokasi (X5) secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dan Hipotesis II diduga persediaan barang (X1) mempunyai hubungan dan pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian (Y). Untuk membuktikan hipotesis tersebut digunakan analisis korelasi berganda dan regresi berganda dengan uji signifikan F dan t dengan mengambil data pokok dari 69 responden yaitu pengunjung Toko Cahaya Kepanjen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peubah bebas X1-X5 memiliki hubungan yang sangat erat dan signifikan terhadap peubah terikat Y dengan R = 0,981 dan nilai F hitung = 324,323 > F tabel = 2,36 pada probabilitas 0,000 sehingga Hipotesis I yang dikemukakan dapat dibuktikan kebenarannya. Besarnya koefisien R2 = 0,963 yang berarti bahwa besarnya sumbangan (proporsi) peubah bebas X1 – X5 terhadap peubah terikat Y sebesar 96,3% dimana peubah bebas yang lainnya sebesar 3,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan nilai t yang diperoleh dari setiap peubah ternyata lebih besar dari t tabel, maka dapat disimpulkan bahwa masing-masing peubah bebas memiliki pengaruh signifikan terhadap peubah terikat. Dapat disimpulkan bahwa peubah persediaan barang (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap peubah keputusan pembelian dengan koefisien regresi = 0,451, sehingga hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya. Berkaitan dengan hasil di atas, pengelola toko eceran hendaknya memperhatikan persediaan barang, suasana toko (store atmosphere), harga, promosi dan lokasi toko agar dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli di toko ini. Hendaknya kelengkapan barang lebih ditingkatkan dengan menambah jumlah merk pada setiap jenis produk, menambah macam atau jenis produk seperti alat-alat dapur seperti mangkok, sendok, piring, gelas, panci, penggorengan, sodet, dan sebagainya.

 

3.147.54.242