Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUHBAURANPEMASARAN(MARKETINGMIX)TERHADAPKEPUTUSANNASABAHMEMILIHJENISTABUNGANBRITAMA DI PT. BRI (PERSERO) TBK. CABANG SITUBONDO

Thesis Detail
Author ANNE MELIA D.
Student's ID (NPK) K.2000.1.25498 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)
Page(s) 52
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh antara bauran pemasaran (marketing mix) terhadap keputusan nasabah untuk menabung, serta untuk mengetahui bauran pemasaran (marketing mix) manakah yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan nasabah untuk menabung. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian penjelasan dengan menggunakan pengujian hipotesis. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menabung di BRI Cabang Situbondo dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling dan ditetapkan sampel sebanyak 100 orang responden. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah metode statistik dengan menggunakan program SPSS 10.00 for windows. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji reliabilitas, validitas, korelasi berganda (uji F) dan regresi berganda (uji t). Hipotesis I, bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara variabel product (X1), price(X2), place(X3), dan promotion (X4) mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap keputusan nasabah untuk menabung (Y) di BRI Cabang Situbondo. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis I, dimana dengan telah dipenuhi semua hal diatas, maka mampu menunjukkan keputusan menabung yang diharapkan. Terbukti dari koefisien korelasi berganda, yaitu (Multiple R) 0,864 dengan uji F hitung sebesar 69,657 > F tabel sebesar 2,45 maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis I terbukti. Hipotesis II, bertujuan untuk variabel price (X2) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan nasabah untuk menabung (Y) di BRI Cabang Situbondo. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis II dengan analisis regresi berganda, menyatakan bahwa peubah price (X2) yang berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah untuk menabung (Y) terbukti kebenarannya. Ini dibuktikan dari koefisien regresi peubah price (X2) paling besar, yaitu sebesar 0,379. jadi hipotesis II terbukti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh antara bauran pemasaran (marketing mix) terhadap keputusan nasabah untuk menabung, serta untuk mengetahui bauran pemasaran (marketing mix) manakah yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan nasabah untuk menabung. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian penjelasan dengan menggunakan pengujian hipotesis. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menabung di BRI Cabang Situbondo dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling dan ditetapkan sampel sebanyak 100 orang responden. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah metode statistik dengan menggunakan program SPSS 10.00 for windows. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji reliabilitas, validitas, korelasi berganda (uji F) dan regresi berganda (uji t). Hipotesis I, bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara variabel product (X1), price(X2), place(X3), dan promotion (X4) mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap keputusan nasabah untuk menabung (Y) di BRI Cabang Situbondo. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis I, dimana dengan telah dipenuhi semua hal diatas, maka mampu menunjukkan keputusan menabung yang diharapkan. Terbukti dari koefisien korelasi berganda, yaitu (Multiple R) 0,864 dengan uji F hitung sebesar 69,657 > F tabel sebesar 2,45 maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis I terbukti. Hipotesis II, bertujuan untuk variabel price (X2) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan nasabah untuk menabung (Y) di BRI Cabang Situbondo. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis II dengan analisis regresi berganda, menyatakan bahwa peubah price (X2) yang berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah untuk menabung (Y) terbukti kebenarannya. Ini dibuktikan dari koefisien regresi peubah price (X2) paling besar, yaitu sebesar 0,379. jadi hipotesis II terbukti.

 

3.15.179.121