Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI SWALAYAN “MUSTIKA” BLITAR

Thesis Detail
Author MIFTAMIK ADIBIN
Student's ID (NPK) K.2001.1.25736 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS FAKTOR FAKTOR INTERNYANG MEMPENGARUHI KONSUMEN
Page(s) 72
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Perilaku konsumen sangat dipengaruhi oleh beberapa diantaranya faktor ekstern, yaitu lingkungan masyarakat dimana ia dilahirkan dan dibesarkan yaitu kebudayaan dan sub kebudayaan, kelas sosial, kelompok sosial dan referensi dan keluarga. Selain faktor ekstern, faktor intern juga sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumen, bahkan lebih kuat karena faktor intern bekerja dari dalam individu sendiri antara lain motivasi, persepsi, belajar, kepribadian dan sikap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor intern yang terdiri dari motivasi, persepsi, belajar, kepribadian, dan sikap mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian di Swalayan Mustika Blitar dan untuk mengetahui faktor intern manakah diantara motivasi, persepsi, belajar, kepribadian, dan sikap yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian di Swalayan Mustika Blitar. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama yang menyatakan bahwa peubah bebas yang terdiri atas peubah motivasi (X1), persepsi (X2), belajar (X3), kepribadian (X4) dan sikap (X5) secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan untuk membeli di Swalayan Mustika Blitar (Y), karena nilai F hitung 28,690 lebih besar dari F tabel 2,37 pada tingkat signifikan 5%, Berdasarkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,777 dan determinasi berganda (R²) sebesar 0,604 berarti 60,4% pengambilan keputusan untuk membeli di Swalayan Mustika Blitar disebabkan oleh perubahan peubah motivasi (X1), persepsi (X2), belajar (X3), kepribadian (X4) dan sikap (X5) secara bersama-sama dan sisanya yang 39,6% atau 0,396 disebabkan oleh peubah lain yang tidak termasuk model dalam penelitian ini. Diperoleh t hitung pada peubah motivasi (X1) sebesar 6,685, persepsi (X2) sebesar 2,598, belajar (X3) sebesar 5,164, kepribadian (X4) sebesar 4,478, dan sikap (X5) sebesar 4,099 lebih besar dari t tabel sebesar 1,6612 maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima artinya hipotesis yang menyatakan bahwa peubah bebas secara individu mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat dapat diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kedua yang menyatakan bahwa peubah motivasi (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan untuk membeli di Swalayan Mustika Blitar (Y). Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien regresi peubah motivasi (X1) yang mempunyai nilai koefisien regresi paling tinggi yaitu sebesar 0,167 jika dibandingkan dengan peubah persepsi (X2) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,078, belajar (X3) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,158, kepribadian (X4) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,130 dan sikap (X5) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,157. Karena peubah motivasi (X1) mempunyai koefisien lebih tinggi dibanding peubah persepsi (X2), belajar (X3), kepribadian (X4) dan sikap (X5) maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima artinya peubah Motivasi (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan untuk membeli di Swalayan Mustika Blitar (Y) dapat diterima.

 

3.21.104.72