Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK TULL JYE (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUςEςWARA MALANG)

Thesis Detail
Author DIANA INDRIANI
Student's ID (NPK) K.2001.1.25777 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU,KONSUMEN,KEPUTUSAN,PEMBELIAN
Page(s) 103
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Tull Jye oleh mahasiswa STIE Malangkuςeςwara Malang dan untuk mengetahui faktor apa yang mempunyai pengaruh dominan diantara faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Tull Jye oleh mahasiswa STIE Malangkuςeςwara Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang yang difokuskan pada mahasiswa angkatan tahun 2001/2002 sampai 2003/2004, mengingat jumlah mahasiswa pada tiga angkatan ini merupakan jumlah terbesar sedangkan sampelnya adalah 40 responden sebagai pengguna kosmetik Tull Jye. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling yaitu teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan. Seperti pada penelitian ini jumlah sampel ditentukan sebanyak 40 responden maka jika pengumpulan data belum didasarkan pada 40 orang tersebut maka penelitian dipandang belum selesai, karena belum memenuhi kuota yang diinginkan. Untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan digunakan alat analisis korelasi berganda dan regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis I dengan menggunakan alat analisis korelasi berganda diperoleh nilai F hitung sebesar 16,358 lebih besar nilai F tabel sebesar 2,61 sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa hubungan antara Faktor Budaya (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3) dan Faktor Psikologis (X4) secara bersama terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk kosmetik Tull Jye adalah signifikan. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,807, menunjukkan hubungan tersebut kuat dan bersifat positif, dimana jika X1, X2, X3, dan X4 meningkat maka Y juga akan meningkat (korelasi positif). Dan nilai R square sebesar 0,651 menunjukkan bahwa peubah-peubah bebas (faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis) memberi kontribusi terhadap peubah terikat (Keputusan Pembelian) sebesar 65,1%, sedangkan sisanya sebesar 34,9% dipengaruhi oleh peubah lain yang tidak terdapat dalam model. Sedangkan hasil analisis regresi berganda dapat diketahui bahwa nilai t hitung masing-masing peubah bebas lebih besar dari t tabel sehingga peubah bebas berupa Faktor Budaya (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3) dan Faktor Psikologis (X4) mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap peubah terikat berupa Keputusan Pembelian (Y) produk kosmetik Tull Jye. Maka hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis II diketahui bahwa peubah Faktor Pribadi (X3) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk kosmetik Tull Jye. Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien regresi peubah Faktor Pribadi (X3) sebesar 0,350 satuan (35,0%) yang merupakan nilai koefisien regresi terbesar bila dibandingkan dengan nilai koefisien regresi peubah yang lain. Sehingga hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya.

 

18.216.173.64