Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK BERBELANJA PADA PT. ALFA RETAILINDO TBK, MALANG (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUςEςWARA MALANG)

Thesis Detail
Author CHRISTINA
Student's ID (NPK) K.2001.1.26643 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGARUH MARKETING MIX
Page(s) 79
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan bermakna antara elemen-elemen marketing mix terhadap pengambilan keputusan untuk berbelanja pada PT. Alfa Retailindo Tbk, Malang serta untuk mengetahui diantara elemen-elemen marketing mix, manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan untuk berbelanja pada PT. Alfa Retailindo Tbk, Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Malakuçeçwara Malang, yang masih terdaftar sebagai mahasiswa STIE Malakuçeçwara Malang, khususnya yang pernah berkunjung (berbelanja) pada PT. Alfa Retailindo Tbk, Malang. Penelitian dilakukan terhadap sejumlah sampel yaitu sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling kuota. Dari hasil pengujian hipotesis I dengan alat analisis korelasi berganda diperoleh nilai F hitung (73,433) lebih besar dari F tabel (2,45) hal ini berarti bahwa antara peubah bebas yang meliputi Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), dan Tempat (X4) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan dengan peubah terikat berupa Pembelian (Y) pada PT. Alfa Retailindo Tbk, Malang. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,869 menunjukkan bahwa hubungan tersebut erat dan bersifat positif (korelasi positif). Nilai R Square sebesar 0,756 menunjukkan bahwa peubah-peubah Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), dan Tempat (X4) memberikan kontribusi pengaruh terhadap peubah Pembelian (Y) pada PT. Alfa Retailindo Tbk, Malang sebesar 75,6%. Sedangkan sisanya sebesar 24,4% dipengaruhi oleh peubah-peubah lain yang tidak digunakan dalam penelitian. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara peubah-peubah Produk (X1), Harga (X2),Promosi (X3), dan Tempat (X4) terhadap Pembelian (Y) pada PT. Alfa Retailindo Tbk, Malang atau hipotesis I terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis II diketahui peubah bebas dengan nilai koefisien regresi terbesar (0,327) adalah peubah Harga (X2), sehingga peubah bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Pembelian (Y) pada PT. Alfa Retailindo Tbk, Malang adalah peubah Harga (X2). Dengan kata lain hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya.

 

52.15.70.191