Date: 19-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENEREPAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MEMPERTAHANKAN POSISI PASAR

Thesis Detail
Author I GEDE MAHENDRA
Student's ID (NPK) K.981.21899 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Keyword PENERAPAN STRAEGI PEMASARAN POSISI PASAR KOPI BUBUK
Page(s) 86
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Suatu tantangan bagi manajemen pemasaran untuk selalu tanggap terhadap perubahan lingkungan pemasaran perussahaan adalah pergeseran selera konsumen, persaingan dan situasi perekonomian. Perusahaan dituntut untuk menilai perubahan lingkungan tersebut sehingga mampu merumuskan strategi pemasaran perusahaan dalam pencapaian tujuan perusahaan itu sendiri. Perusahaan kopi bubuk “Banyuatis” dengan posisi pasarnya yang terkatagori sebagai leader, tidak terlepas dari tuntutan tersebut terutama antisipasi terhadap persaingan merk, industri maupun posisi pasar. Perusahaan kopi bubuk “banyuatis”harus mengenali kekuatan dan kelemahan pemasaran yang dimilikinya untuk meraih peluang-peluang pemasaran dan meminimalkan ancaman pemasaran yang muncul. Selanjutnya diperlukan cara agar perusahaan tetap mampu mempertahankan posisi pasarnya di masa yang akan dating. Dengan demikan, persoalan yang menarik untuk dicermati adalah, bagaimana cara menerapkan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan kopi bubuk “Banyuatis” dalam mempertahankan posisi pasarnya?. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pemasaran perusahaan kopi bubuk “Banyuatis” yang berguna bagi tujuan lainnya yaitu mencoba merumuskan strategi pemasaran yang relevan bagi perusahan. Adapun variable (peubah) yang menjadi perhatian untuk di analisis adalah profil pemasaran perusahaan terutama pengelolaan bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi, dan distribusi, dan lingkungan eksternal pemasaran perusahaan seperti kondisi perekonomian, kebijaksanaan pemerintah, persaingan dan teknologi. Selanjutnya, untuk tujuan penelitian tersebut, analisis SWOT, yang dikombinasikan dengan analisis SAP dan ETOP dipergunakan sebagai alat analisis terhadap variable (peubah) penelitian yang akan dianalisis. Hasil penelitaian ini menunjukan bahwa perusahaan kopi bubuk “Banyuatis” relevan menerapkan Strategi Perluasan Pasar dan Pertahanan Pangsa Pasar dengan Pengelolaan Bauran Pemasaran. Hal ini didukung dengan hasil analisis yang menunjukan bahwa perusahaan kopi bubuk “Banyuatis” dengan posisi pasarnya yang berkatagori sebagai leader memiliki kekuatan dalam pemasarannya yang sudah selayaknya harus dipertahankan. Disisi lain, perusahaan juga memiliki peluang terutama untuk meningkatkan atau memperluas pasarnya. Dengan demikian, strategi pemasaran yang diperlukan adalah strategi yang mampu mempertahankan dan mengelola kekuatan pemasaran yang dimiliki guna meraih peluang pemasaran yang muncul, yang pada gilirannya menjadi suatu strategi yang relevan untuk dilakukan perusahaan dalam rangka mempertahankan posisi pasarnya.

 

18.191.84.33