Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

APLIKASI KONSEP BALANCED SCORECARD SEBAGAI DASAR PENGUKURAN KINERJA PADA CV. NASIONAL MALANG

Thesis Detail
Author SHERLY IRAWATI
Student's ID (NPK) A.2001.1.25810 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN STRATEGI
Keyword APLIKASI KONSEP BALANCED SCORECARD SEBAGAI DASAR PENGUKURAN KINERJA
Page(s) 73
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dalam kondisi persaingan yang semakin meningkat ke arah globalisasi menyebabkan badan usaha membutuhkan informasi yang relevan sehingga proses pengambilan keputusan dapat dilakukan secara tepat. Akuntansi sebagai sistem informasi dituntut untuk mampu menyediakan informasi yang akurat. Akuntansi pun mempunyai pengaruh terhadap pengukuran kinerja karena akuntansi merupakan serangkaian aktivitas yang berhubungan langsung dengan pengukuran finansial. Untuk itu salah satu alat yang digunakan adalah Balanced Scorecard. Balanced Scorecard mengukur dari sudut pandang keuangan dan non keuangan. Kata Balanced digunakan, karena menunjukkan keseimbangan antara pengukuran eksternal dan internal. Dalam perspektif keuangan pengukuran yang digunakan adalah return on investment, return on equity, sales growth, reduce unt cost. Dalam perspektif pelanggan pengukuran yang digunakan adalah number of complain, customer acquisition, dan customer retention. Dalam proses bisnis internal pengukuran yang digunakan adalah cycle time, defect rate. Dalam perspektif belajar dan pertumbuhan pengukuran yang digunakan adalah employee turn over, employee productivity dan revenue per employee. Balanced Scorecard lebih dari sekedar sistem pengukuran operasional. Karena dalam pengukuran Balanced Scorecard ini dapat digunakan untuk menetapkan strategi bisnis. Jadi Balanced Scorecard bisa dijadikan sebagai learning, informing and communication melainkan bukan merupakan sistem pengendali. Ada empat proses manajemen yang digunakan dalam Balanced Scorecard, yaitu translating the vision, communicating and liking, business planning, feedback and learning. Untuk mencapai tujuannya CV. Nasional Malang melakukan program peningkatan kualitas dan produktivitas serta kecakapan para pegawainya, sehingga melalui perbaikan yang terus menerus yang signifikan dapat mengalahkan pesaing-pesaingnya. Adapun hasil dari analisis Balanced Scorecard sebagai berikut: 1. Perspektif keuangan Dari perspektif keuangan, sasaran strategik yang telah ditetapkan oleh perusahaan dapat dicapai, meskipun ada yang mengalami penurunan. Tetapi perusahaan tetap dapat menghasilkan nilai yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya maupun pada tahun-tahun yang akan datang. 2. Perspektif Pelanggan Dari perspektif pelanggan, sasaran strategik yang telah ditetapkan oleh perusahaan masih dapat dicapai, meskipun terdapat penurunan pada customer retention yang dikarenakan adanya persaingan dalam pangsa pasar yang ketat serta kualitas dari produk yang dihasilkan di pasar semakin baik dari tahun ke tahun. Tetapi perusahaan masih dapat menghasilkan nilai yang baik dari tahun-tahun sebelumnya. 3. Perspektif Proses Bisnis Internal Dari perspektif bisnis internal, sasaran strategik yang telah ditetapkan oleh perusahaan dapat dicapai. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas waktu yang tidak bernilai tambah bagi produk sehingga perusahaan cukup efektif dalam penggunaan waktu proses, sehingga produk cacat dapat berkurang. 4. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan Dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, sasaran strategik yang telah ditetapkan oleh perusahaan dapat dicapai. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan, employee productivity, revenue per employee yang meningkat serta penurunan employee turnover sehingga dapat dikatakan bahwa kepuasan karyawan terhadap perusahaan cukup tinggi.

 

52.15.70.191