Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA (STUDI PADA MASYARAKAT KELURAHAN MOJOLANGU KECAMATAN LOWOKWARU MALANG)

Thesis Detail
Author DANIEL ISBANDI
Student's ID (NPK) K.2000.1.24485 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN,KEPUTUSAN,PEMBELIAN
Page(s) 64
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dalam memutuskan pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dalam melakukan pembelian. Hal tersebut merupakan masukan yang berharga bagi perusahaan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, karena perilaku konsumen didalam pengambilan keputusan pembelian atas suatu produk akan berakibat atau berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauhmana faktor-faktor perilaku konsumen yang terdiri dari faktor kebudayaan, kelas sosial, motivasi dan persepsi secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian sepeda motor Honda pada masyarakat di Kelurahan Lowokwaru Malang dan Untuk mengetahui faktor apakah diantara faktor kebudayaan, kelas sosial, motivasi dan persepsi yang mempunyai pengaruhi dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada masyarakat di Kelurahan Lowokwaru Malang. Berdasarkan hasil pengujian terhadap hipotesis I bahwa semua peubah bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat artinya bahwa peubah kebudayaan (X1), kelas sosial (X2), Motivasi (X3), Persepsi (X4) secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kelurahan Mojolangu Malang, karena F-hitung sebesar 35,742 lebih besar dari pada F-tabel 2,37 maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima artinya hipotesis yang menyatakan bahwa peubah bebas secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap peubah terikat dapat diterima. Sedangkan untuk menguji pengaruh peubah bebas secara individu (parsial) terhadap peubah terikat yaitu dengan membandingkan t hitung dengan t tabel, karena t hitung peubah kebudayaan (X1) sebesar 4,612, kelas sosial (X2) sebesar 6,118, motivasi (X3) sebesar 8,176 dan persepsi (X4) sebesar 4,126 lebih besar dari t tabel sebesar 1,661 maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima artinya hipotesis yang menyatakan bahwa peubah bebas secara individu mempunyai pengaruh signifikan terhadap peubah terikat dapat diterima. Berdasarkan hasil pengujian terhadap hipotesis II bahwa peubah motivasi (X3) mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda di Kelurahan Mojolangu Malang (Y), hail ini ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi masing-masing peubah bebas, menunjukkan bahwa peubah motivasi (X3) mempunyai kontribusi paling tinggi yaitu sebesar 0,207 jika dibandingkan dengan peubah kebudayaan (X2) dengan nilai koefisien sebesar 0,115, kelas sosial (X2) dengan kontribusi sebesar 0,164 dan peubah persepsi (X4) dengan kontribusi sebesar 0,145. Karena peubah motivasi (X3) mempunyai kontribusi lebih tinggi dibanding peubah kebudayaan (X1), kelas sosial (X2) dan Persepsi (X4) maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima artinya peubah motivasi (X3) mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kelurahan Mojolangu Malang dapat diterima.

 

18.226.185.103