Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PRODUK ROKOK SAMPOERNA DJI SAM SOE(STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUçEçWARA MALANG)

Thesis Detail
Author BUDI HARTONO
Student's ID (NPK) K.2001.1.25789 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN,PRODUK,ROKOK
Page(s) 81
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) AGUSSALIM ANDRIANSYAH Drs, MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian ulang produk rokok Sampoerna Dji Sam Soe dan untuk mengetahui faktor perilaku konsumen yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian ulang produk rokok Sampoerna Dji Sam Soe. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian hipotesis. Untuk menentukan sampel, dilakukan dengan cara mengambil subyek dari populasi yang diteliti yaitu Mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkuçeçwara Malang. Untuk menentukan sampel, dilakukan dengan cara mengambil subyek dari populasi yang diteliti yaitu sebanyak 95 mahasiswa. Sampel yang diambil adalah mahasiswa yang berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 95 mahasiswa. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara purposive random sampling (sembarang). Adapun alat-alat yang digunakan dalam perhitungan adalah koefisien korelasi berganda, koefisien korelasi parsial, analisis regresi berganda. Berdasarkan uji korelasi berganda diketahui bahwa pengujian terhadap Ho ditolak. Hal ini dapat dilihat dari F-hitung 17,314 > F-tabel 2,17. Dengan diterimanya Ha dan ditolaknya Ho berarti hipotesis empiris yang menduga bahwa ada hubungan secara bersama-sama antara peubah bebas terhadap peubah terikat diterima. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,736 atau 73,6%, yang berarti antara peubah bebas yang terdiri dari kelas sosial (X1), kelompok referensi (X2), keluarga (X3), sikap (X4), motivasi (X5) dan pengamatan (X6) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan/bermakna pada tingkat uji a = 5% terhadap peubah terikat (keputusan pembelian ulang produk). Berdasarkan pada hipotesis kedua dengan ditolaknya Ho dapat disimpulkan bahwa kelompok referensi (X2) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan pembelian ulang. Hal ini dapat diketahui berdasarkan perhitungan koefisien parsial (r). X2 memiliki koefisien parsial (r) sebesar 0,383 yang lebih besar dari X1 sebesar 0,227, X3 sebesar 0,240, X4 sebesar 0,318, X5 = 0,356 dan X6 sebesar 0,211. Hubungan ini didukung dengan koefisien regresi berganda dimana X2 memiliki koefisien regresi sebesar 0,242 yang lebih besar dari X1 sebesar 0,154, X3 sebesar 0,169, X4 sebesar 0,191, dan X5 sebesar 0,207 serta X6 sebesar 0,145. Sesuai dengan kriteria yang ditetapkan bahwa jika koefisien parsial (r) dan koefisien regresi X2 sebesar dari koefisien parsial (r) dan koefisien regresi X1, X3, X4, X5 dan X6 maka Ho ditolak dan keputusan terhadap Ha diterima. Dengan demikian hipotesis empiris yang menyatakan bahwa kelompok referensi (X2) mempunyai hubungan dominan apabila dibandingkan dengan peubah bebas lainnya dapat diterima. Dengan demikian hipotesis terbukti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok referensi merupakan alat yang efektif untuk menjalin kerjasama dan menarik perhatian konsumen lain untuk menggunakan produk Sampoerna Dji Sam Soe.

 

3.23.101.91