Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERANAN ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN (STUDI PADA PERUSAHAAN ROKOK GANDUM MALANG)

Thesis Detail
Author YENNY KURNIAWATI
Student's ID (NPK) K.2001.1.25891 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN STRATEGI
Keyword PERANAN,ANALISIS SWOT,STRATEGI,PEMASARAN
Page(s) 105
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan analisis SWOT di dalam menentukan strategi pemasaran perusahaan. Penelitian ini diadakan di PT. Gandum Malang yang berlokasi di Jalan Raya Bandulan No.201, perusahaan yang bergerak dalam bidang industri rokok. Analisis yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah analisis SWOT, yaitu proses pengidentifikasian berbagai fungsi atau faktor yang terdapat di dalam lingkungan internal dan eksternal perusahaan, sehingga dapat diketahui apa saja kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan serta peluang dan ancaman yang dapat muncul, untuk selanjutnya merumuskan strategi pemasaran apa yang tepat dan cocok bagi perusahaan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa selama ini pihak perusahaan kurang memaksimalkan kekuatan dan peluang yang dimiliki guna meminimalkan kelemahan dan ancaman yang telah ada dan juga yang dapat timbul, sehingga strategi pemasaran yang selama ini digunakan kurang efektif dan kurang mengena pada sasaran yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat, meskipun jumlah penjualan mengalami peningkatan setiap tahunnya, namun jumlah tersebut masih belum dapat memenuhi target yang diinginkan oleh pihak perusahaan. Kurangnya perencanaan strategi pemasaran yang matang dapat menyebabkan perusahaan tidak dapat mencapai hasil yang diinginkan (dalam hal ini realisasi target penjualan). Dengan perencanaan yang matang maka perusahaan dapat menjalankan fungsinya dengan baik, lebih tanggap dengan lingkungan di sekitarnya serta dapat memanfaatkan secara tepat dalam berbagai kemungkinan yang dihadapi dan dapat memanfaatkan kesempataan yang ada. Melalui analisis SWOT perusahaan dapat mengidentfikasikan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki maupun peluang dan ancaman yang mungkin dihadapi untuk kemudian dapat digunakan sebagai alat bantu bagi manajemen perusahaan di dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat. Kata kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran

 

3.145.56.28