Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN YANG BERPENGARUH TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIANPRODUK PONSEL MEREK NOKIA (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUςEςWARA MALANG)

Thesis Detail
Author SREI ARIYANI
Student's ID (NPK) K.2000.1.24513 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN,PONSEL, KEPUTUSAN
Page(s) 95
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) Uke Prayogo S.Tp, MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian produk ponsel merek Nokia serta untuk mengetahui peubah apa yang mempunyai pengaruh dominan diantara faktor-faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian produk ponsel merek Nokia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Malangkuewara Malang yang menggunakan (telah melakukan pembelian) terhadap produk ponsel merek Nokia. Jumlah sampel ditetapkan sebanyak 75 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidentally sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi berganda. Dari uji validitas (kesahihan) dan uji reliabilitas (keterhandalan) dari item-item pada semua peubah, semuanya menunjukkan valid dan reliabel, dengan demikian item-item yang digunakan sebagai alat pengukur pada setiap peubah dalam penelitian ini layak digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian. Hasil pengujian hipotesis I dengan alat analisis regresi berganda diketahui nilai F hitung = 51,458 lebih besar dari nilai F tabel = 2,53, sedangkan untuk nilai Sig F, sebesar 0,000 yang masih dibawah Alpha sebesar 0,05. Jadi hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Faktor Budaya (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3) dan Faktor Psikologis (X4) secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk ponsel merek Nokia. Nilai R2 sebesar 0,746 menunjukkan bahwa peubah-peubah bebas dalam penelitian yaitu Faktor Budaya (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3) dan Faktor Psikologis (X4) secara bersama-sama menjelaskan peubah terikat Keputusan Pembelian (Y) produk ponsel merek Nokia sebesar 74,6%, sedangkan sisanya 25,4% dijelaskan oleh peubah lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini atau model. Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka dapat diketahui bahwa Faktor Budaya (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3) dan Faktor Psikologis (X4) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk ponsel merek Nokia, sehingga hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya. Hasil pengujian hipotesis II dengan alat analisis regresi berganda diketahui bahwa peubah bebas yang memiliki nilai koefisien regresi paling besar adalah adalah peubah Faktor Pribadi (X3) yaitu sebesar 0,332 maka peubah Faktor Pribadi (X3) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk ponsel merek Nokia. Dengan demikian hipotesis 2 terbukti.

 

3.15.179.121