Date: 19-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH KUALITAS JASA LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO BUKU TOGA MASMALANG-JATIM

Thesis Detail
Author MARGARETA
Student's ID (NPK) K.2001.1.25898 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGARUH JASA LOYALITAS PELANGGAN TOKO BUKU TOGA MAS AN
Page(s) 84
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang terdapatnya hubungan dan pengaruh yang bermakna secara bersama-sama dari “ factor yang mempengaruhi kualitas jasa laayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Toko Buku Toga Mas, selain itu juga untuk meendapatkan bukti empiris tentang adanya pengaruh yang paling dominan dari salah satu factor ” yang memngaruhi loyalitas pelanggan terhadap Toko Buku Toga Mas. Dalam penelitian ini responden yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah konsumen Toko Buku Toga Mas. Berdasarkan sampel yang diambil sebesaar 60 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah , sedangkan data yang digunakan adalah data kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk keterangan atau penjelasan yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner yang diberikan kepada pelanggan Toko Buku Toga Mas. Data kualitatif yang terkumpul kemudiaan dilakukan pengujian terhadap hipotesis yang telah dibuat, dengan penggunaan program SPSS untuk memudahkan analisis Statistik yang dipakai . Adapun analisis yang digunakan adalah 1) Korelasi berganda digunakan untuk mengukur keeratan hubungan antara peubah bebas secara keseluruhan terhadap peubah terikat, 2) Regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh perubahan nilai peubah bebas secara bersama-sama terhadap peubah terikat, 3) Korelasi parsial digunakan untuk mengetahui pengaruh yang paling dominan diantara peubah bebas terhadap peubah terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peubah bukti fisik, kehandalan, tanggapan, jaminan, dan perhatian mempunyai keeratan hubungan koefisien korelasi sebesar R = 0,970 terhadap loyalitas pelanggan (Y), dan peubah yang paling dominan dalam penelitian ini adalah jaminan (X4) jika dibandingkan dengan peubah bebas lainnya. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi berganda (b = 0,289) dan korelasi parsial sebesar (r = 0,099) yang merupakan nilai terbesar dibanding nilai koefisien regresi berganda dan koefisien parsial empat peubah yang lainnya. Hal ini berarti bahwa dalam penelitian ini faktor yang menjadi pertimbangan pelanggan dalam mengambil kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan adalah jaminan yang terdiri dari keamanan, pengetaahuan yang dimiliki karyawan toko, sikap karyawan dalam menghadapi pelanggan, keunggulan-keunggulan yang dimiiliki, dan kelengkapan buku yang tersedia.

 

3.129.59.176