Date: 19-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK AIR GANESA (STUDI PADA UD. SUMBER REJEKI PROBOLINGGO)

Thesis Detail
Author DEWI EVI YANTI
Student's ID (NPK) K.2000.1.25059 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS,PERILAKU KONSUMEN,PEMBELIAN,PRODUK AIR MINUM
Page(s) 80
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) nurma Mastur Djatmiko Dra.
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peubah-peubah Faktor Kebudayaan, Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologi terhadap pembelian produk air minum dalam kemasan merek Air Ganesa pada UD. Sumber Rejeki Probolinggo serta untuk mengetahui peubah apa diantara peubah-peubah Faktor Kebudayaan, Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologi yang mempunyai pengaruh dominan terhadap pembelian produk air minum dalam kemasan merek Air Ganesa pada UD. Sumber Rejeki Probolinggo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pembeli produk air minum dalam kemasan merek Air Ganesa di UD. Sumber Rejeki Probolinggo. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa jumlah konsumen yang melakukan pembelian produk air minum dalam kemasan merek Air Ganesa di UD. Sumber Rejeki Probolinggo yaitu sebanyak 100 sampai 200 orang per hari. Berdasarkan rencana penelitian yang dilakukan selama 5 hari maka diketahui bahwa jumlah populasi adalah sebanyak 500 sampai 1.000 orang. Melihat jumlah populasi yang terlalu besar maka penelitian dilakukan terhadap sampel sebanyak 100 orang (10-20% dari jumlah populasi) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat analisis regresi berganda. Dari hasil pengujian hipotesis I dengan alat analisis regresi berganda diketahui F hitung (34,743) lebih besar dari F tabel (2,45) hal ini berarti peubah-peubah bebas berupa Faktor Kebudayaan (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3) dan Faktor Psikologi (X4) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat berupa Pembelian Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Air Ganesa (Y) pada UD. Sumber Rejeki Probolinggo. Nilai R Square sebesar 0,594 menunjukkan peubah bebas (faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis) secara serempak mempengaruhi peubah terikat berupa pembelian produk air minum dalam kemasan merek Air Ganesa pada UD. Sumber Rejeki Probolinggo sebesar 59,4%. Sedangkan sisanya sebesar 40,6% dipengaruhi oleh peubah lain di luar peubah bebas yang diteliti. Hasil uji t diketahui nilai t hitung masing-masing peubah bebas lebih besar dari nilai t tabel sehingga masing-masing peubah bebas yang digunakan dalam penelitian ini berupa faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat berupa pembelian produk air minum dalam kemasan merek Air Ganesa pada UD. Sumber Rejeki Probolinggo. Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis I terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis II diketahui bahwa peubah Faktor Psikologi (X4) dengan nilai koefisien regresi terbesar (0,286) menunjukkan peubah bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap peubah terikat (Pembelian Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Air Ganesa). Dengan kata lain bahwa hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya.

 

18.191.84.33