Date: 17-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISA PENGARUH STRATEGI GENERIC TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI

Thesis Detail
Author ACHMAD ZAINUL MUZAKI
Student's ID (NPK) K.2001.1.26230 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword STRATEGI GENERIC, ROKOK,PERUSAHAAN ROKOK
Page(s) 63
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Perusahaan Rokok Oeloeng Bojonegoro sebagai salah satu perusahaan penghasil rokok yang sudah dikenal oleh masyarakat Bojonegoro sebagai produk asli daerah dan banyak diperuntukkan bagi kalangan menengah ke bawah. Untuk menghadapi persaingan yang semakin tajam di antara perusahaan sejenis, maka strategi generic yang diterapkan perusahaan melalui keunggulan biaya menyeluruh, diferensiasi,dan fokus merupakan suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian serius. Hal ini mengingat semakin banyaknya produk rokok yang ditawarkan kepada konsumen, sehingga membuat konsumen mempunyai banyak alternatif (pilihan) produk rokok yang akan dibeli, di samping itu hal ini menimbulkan persaingan antar perusahaan yang menghasilkan produk sejenis semakin tajam. Adapun tempat penelitian di Kel. Sugihwaras Kec. Sugihwaras Kab. Bojonegoro dengan jumlah sampel yang ditetapkan 10 % dari jumlah populasi sebanyak 403 orang, sehingga jumlah sampel yang digunakan 40 orang responden, dengan teknik pengambilan stratified random sampling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peubah-peubah dalam strategi generic (keunggulan biaya menyeluruh, diferensiasi dan fokus) terhadap keputusan membeli rokok produksi perusahaan rokok Oeloeng secara simultan dan untuk mengetahui peubah stategi generic (keunggulan biaya, diferensiasi dan fokus) yang mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian rokok produksi perusahaan rokok Oeloeng secara parsial dan juga untuk mengetahui peubah yang dominan pengaruhnya. Berdasarkan beberapa kajian teori yang berkaitan dengan judul di atas yang bertujuan agar dapat membantu memecahkan masalah yang terjadi di perusahaan, sekaligus sebagai bahan acuan teori yaitu manajemen pemasaran. Dari kajian teori yang ada didapatkan beberapa konsep yaitu strategi generic dan Keputusan pembelian. Konsep strategi generic diperoleh peubah keunggulan biaya menyeluruh, deferensiasi, dan fokus. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa item-item yang digunakan menunjukkan bahwa keseluruhan item yang digunakan sebagai alat ukur peubah Keunggulan biaya (X1), Diferensiasi (X2), Fokus (X3), dan keputusan pembelian (Y) valid dan reliabel, karena nilai koefisien korelasi antar item mempunyai koefisien korelasi di atas nilai kritis r product moment (α=0,05) dan koefisien alpha cronbach dari variabel Keunggulan biaya, Diferensiasi, Fokus, dan Keputusan Pembelian di atas angka 0,600. Hasil – hasil penelitian, peubah Keunggulan biaya (X1), Diferensiasi (X2), Fokus (X3) secara simultan mempunyai hubungan dan pengaruh yang kuat terhadap Keputusan Pembelian (Y) karena nilai koefisien korelasi ( R ) sebesar 0,798 yang hampir mendekati angka 1, dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,637 dengan F hitung sebesar 21,037 sedangkan F tabel sebesar 2,84 pada tingkat signifikan 5%. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa Peubah Keunggulan biaya (X1), Diferensiasi (X2), Fokus (X3) secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dapat diterima. Peubah Keunggulan biaya (X1), Diferensiasi (X2), Fokus (X3) secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), karena nilai t-hitung masing-masing peubah bebas lebih besar dari pada nilai t-tabel, dan koefisien regresi peubah Keunggulan biaya (X1) sebesar 0,336, peubah Diferensiasi (X2) sebesar 0,131, peubah Fokus (X3) sebesar 0,169. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa Peubah Keunggulan biaya (X1), Diferensiasi (X2), Fokus (X3) secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dapat diterima. Berdasarkan hasil interpretasi disimpulkan bahwa Strategi Generis yang terdiri dari Keunggulan biaya (X1), Diferensiasi (X2), Fokus (X3) secara bersamasama mempunyai pengaruh yang kuat terhadap Keputusan Pembelian (Y). Besarnya pengaruh variabel strategi generis terhadap keputusan pembelian ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,637, artinya ba

 

3.145.42.64