Date: 17-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS FAKTOR PERILAKU KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI NASABAH MENGGUNAKAN JASA PEGADAIAN DI KANTOR CABANG MALANG (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUCECWARA MALANG)

Thesis Detail
Author IPUNG SIGIT CAHYONO
Student's ID (NPK) K.2001.1.25773 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword FAKTOR PERILAKU KONSUMEN,NASABAH,JASA PEGADAIAN
Page(s) 102
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Pegadaian adalah satu-satunya lembaga pemerintahan yang bergerak di bidang jasa penyaluran uang kepada masyarakat atas dasar hukum gadai dengan jaminan barang bergerak. Pegadaian mempunyai misi utama yaitu : 1) turut melaksakan dan menunjang pelaksanaan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya melalui penyaluran uang pinjaman atas dasar hukum gadai, 2) mencegah praktek ijon, pegadaian gelap, riba dan pinjaman tidak wajar lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara faktorfaktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan menggunakan jasa gadai dan untuk mengetahui faktor perilaku konsumen yang mempunyai hubungan dan pengaruh dominant dalam pengambilan keputusan menggunakan jasa gadai. Dalam penelitian ini sebagai populasi adalah konsumen atau nasabah pada Pegadaian Kantor Cabang Malang. Berdasarkan data yang diperoleh pada tahun 2004, jumlah konsumen atau nasabah yang menggynakan jasa gadai adalah sebesar 2400 nasabah. Jadi sampel penelitian ini adalah 5% x 2400 = 120 responden. Jumlah ini dianggap memenuhi batasan sampel yang telah disyaratkan. Hasil-hasil penelitian, setelah diadakan pengujian terhadap Kelas Ssosial, Keluarga, Pengaruh Pribadi, Kepercayaan, Kebudayaan dan Belajar secara bersamasama mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan untuk menggunakan Jasa Gadai. Hal ini dapat dilihat pada nilai koefisien (R) sebesar 0,879 dan koefisien determinasi (R) 2 sebesar 0,772 dengan F hitung sebesar 63,789 sedangkan F tabel sebesar 2,17 pada tingkat signifikan 5%. Berdasarkan hal tersebut karena nilai F hitung lebih besar dari F tabel berarti terdapat hubungan yang kuat secara bersama-sama antara Kelas Sosial (X1), Keluarga (X2), PENGARUH Pribadi (X3), Kepercayaan (X4), Kebudayaan (X5) dan Belajar (X6) terhadap keputusan untuk menggunakan Jasa Gadai (Y). Dari hasil R 2 (Adjusted R Square) = 0,760 dapat dikatakan bahwa 76% perubahan peubah Y disebabkan oleh perubahan peubah Kelas Sosial (X1), Keluarga (X2), Pengaruh Pribadi (X3), Kepercayaan (X4), Kebudayaan (X5) dan Belajar (X6) secara bersama-sama dalam Keputusan untuk menggunakan Jasa Gadai (Y). Sisanya yang 24% atau 0,240 disebabkan oleh peubah lain yang tidak termasuk model dalam penelitian ini. Dari koefisien regresi semua peubah bebas mempunyai pengaruh yang signifikan karena semua t-hitung lebih besar daripada ttabel. Dari koefisien regresi peubah Kelas Sosial (X1) mempunyai nilai koefisien sebesar 0,339 artinya bahwa Kelas Sosial berpengaruh dominant terhadap Keputusan untuk menggunakan Jasa Gadai.

 

13.58.184.90