Date: 17-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISA DIRECT COSTING DAN CONTRIBUTION MARGIN SEBAGAI DASAR PENENTUAN HARGA JUAL DAN TINGKAT LABA PADA PT UTAMA MAMA MALANG

Thesis Detail
Author RUTH VANIA
Student's ID (NPK) A.2002.1.27224 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI BIAYA
Keyword DIRECT COSTING,CONTRIBUTION MARGIN
Page(s) 166
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Salah satu masalah yang dihadapi dalam mengelola perusahaan khususnya perusahaan manufaktur adalah bagaimana menghitung harga pokok produksi yang tepat. Harga pokok produksi terlalu tinggi menyebabkan penentuan harga jual yang tinggi sehingga menyebabkan produk sukar diterima oleh pasar sehingga laba yang diperoleh perusahaan kecil. Ada 2 metode yang digunakan dalam menghitung harga pokok produksi yaitu metode full costing dan direct costing. Metode full costing yang tidak mengenal pemisahan biaya sehingga hanya cocok untuk pengambilan keputusan jangka panjang saja, selama ini telah dipakai oleh PT Utama Mama karena metode ini diterima oleh pihak eksternal khususnya pihak fiskus tetapi metode ini kurang cocok untuk kebutuhan internal. Metode direct costing yang disertai analisa contribution margin lebih cocok untuk kebutuhan internal dalam rangka pengambilan keputusan jangka pendek terutama dalam penentuan harga jual yang tepat serta target laba yang ingin dicapai perusahaan karena pada metode ini dikenal adanya pemisahan biaya berdasarkan perilaku biaya dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan yaitu menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus yang bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana peranan metode direct costing dan analisa contribution margin dalam penentuan harga jual dan perencanaan laba pada PT Utama Mama Malang. Metode direct costing serta analisa contribution margin ini tidak memasukkan unsur biaya tetap dalam perhitungan harga pokok produk karena biaya tetap dianggap sebagai biaya periodik sehingga dapat diketahui berapa biaya yang sebenarnya dikeluarkan untuk membuat suatu produk, jadi dapat dibuat target laba yang realisitis, yang tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi, bertolak dari target laba kemudian baru dapat ditentukan harga jual yang sesuai. Kata kunci : full costing, direct costing, contribution margin

 

18.225.32.206