Date: 04-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SEBAGAI SARANA PENGENDALIAN INTERN BAGI HOTEL IKHTIAR SURYA BANYUWANGI

Thesis Detail
Author RULI HIDAYATI
Student's ID (NPK) A.2000.1.25112 (AKUNTANSI)
Subject SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Keyword SISTEM INFORMASI AKUNTANSI,HOTEL
Page(s) 104
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dengan melihat semakin banyaknya hotel yang ada di setiap daerah wisata menimbulkan persaingan yang semakin ketat, maka demi kelangsungan hidup dan tercapainya tujuan perusahaan, sehingga kemampuan manajemen dituntut agar dapat mengelola dan melakukan aktivitas perusahaan secara efektif dan efisien. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat memberikan informasi yang akurat, baik bagi pihak ekstern maupun intern perusahaan, khususnya tentang informasi akuntansi. Dalam hal ini diperlukan sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi adalah bagian dari organisasi yang mengumpulkan serta mengelola data-data transaksi untuk menghasilkan informasi akuntansi. Tulisan ini mencoba memberi gambaran mengenai sistem informasi akuntansi yang digunakan dalam perusahaan khususnya perhotelan dan peranannya sebagai alat pengendalian intern perusahaan. Sistem informasi akuntansi yang baik dan tepat akan memudahkan manajemen perusahaan membuat keputusan-keputusan penting perusahaan, maka dalam menyusun sistem harus memperhatkan banyak faktor. Faktor-faktor itu antara lain bahwa sistem harus memenuhi prinsip cepat, aman dan murah. Selain itu, dalam menyusun sistem juga harus diperhatikan jenis perusahaan dan besar kecilnya perusahaan. Dan setelah sistem disusun, maka harus diperhatikan bagaimana untuk mengendalikan agar sistem yang berlaku dalam perusahaan dapat berjalan dengan baik karena sistem yang dapat berjalan dengan baik akan menjadi alat pengendalian dalam perusahaan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah sistem agar menjadi alat pengendalian yang baik yaitu bahwa adanya pemisahan tugas yang sesuai, adanya sistem pengotorisasian dan mutu pegawai yang cocok dengan tanggung jawab mereka. Tulisan ini menggunakan jenis penelitian studi kasus, sumber data penelitiannya yaitu gambaran umum dan struktur organisasi perusahaan, prosedur penjualan kamar dan penerimaan uang, prosedur penjualan makanan-minuman dan penerimaan uang, prosedur pembelian bahan dan pengeluaran uang, serta prosedur penggajian karyawan pada hotel. Setelah semua pendukung data lengkap, barulah mulai dilakukan analisis data. Beberapa hal yang semua dapat disimpulkan adalah sebagai berikut: 1. Dalam struktur organisasi masih ada fungsi yang belum dipisahkan dengan baik sehingga masih memungkinkan terjadinya kekurangan yang bisa dibuat oleh karyawan. Hal ini bisa dilihat belum adanya pemisahan antara fungsi gudang dan fungsi penerimaan barang. Pemisahan bagian keuangan dan kasir, serta pada struktur organisasi belum ada bagian night auditor. 2. Belum adanya bagian yang bertugas memeriksa kebenaran penjualan kamar dan makanan-minuman, sehingga bisa saja hasil penjualan dimanipulasi oleh bagian yang bersangkutan.

 

3.16.69.143