Date: 05-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN SEPEDA MOTOR MERK SUZUKI PADA UD. PANDAWA MOTOR SINGARAJA - BALI

Thesis Detail
Author GEDE MAHENDRA
Student's ID (NPK) K.2001.1.26021 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword STRATEGI PEMASARAN,PENJUALAN,SEPEDA MOTOR,SUZUKI
Page(s) 98
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Kondisi perekonomian Indonesia akhir-akhir ini kurang menguntungkan bagi para pelaku bisnis. Hal ini dapat diketahui dari tingginya tingkat inflasi dan rendahnya pertumbuhan yang sangat ketat sehingga cukup banyak perusahaan yang gulung tikar. Agar mampu mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya dan bahkan mampu bersaing dengan perusahaan lain, maka perusahaan harus memperhatikan pemilihan serta penerapan strategi pemasaran produknya. UD “PANDAWA MOTOR” Singaraja – Bali merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif sebagai distributor sepeda motor merk Suzuki. Perusahaan melayani beberapa segmen, dimana dalam memasarkan produknya terdapat faktor-faktor yang sangat penting untuk diperhatikan oleh pihak manajemen perusahaan untuk mendukung tercapainya tujuan perusahaan yaitu meningkatkan penjualannya. Faktor-faktor tersebut antara lain produk, harga, daerah pemasaran dan promosi, selain hal tersebut perusahaan juga memiliki tujuan yang ingin dicapai. Agar tujuan perusahaan dapat tercapai dan mampu bersaing dengan perusahaan lain, maka diperlukan suatu penerapan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan keadaan dan kondisi perusahaan dengan tetap memperhatikan lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang mempengaruhi perusahaan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus karena kegiatan penelitian ini dilakukan dan memecahkan permasalahan yang ada pada perusahaan. Penelitian studi kasus meneliti secara mendalam mengenai obyek penelitian yang hasilnya merupakan gambaran yang lengkap dan terorganisir dengan baik mengenai obyek tersebut. Peubah yang diteliti yaitu kebijaksanaan yang diambil oleh perusahaan meliputi kebijaksanaan produk, harga, promosi, saluran distribusi. Peubah yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan yaitu lingkungan internal perusahaan khususnya mengenai pemasaran, produksi, dan operasi, organisasi dan SDM serta sumber-sumber perusahaan, lingkungan eksternal perusahaan yang mencakup a) remote environtment yang terdiri dari ekonomi, pemerintah, demografi, sosial budaya dan teknologi; b) operating environment terdiri dari pesaing, pelanggan, pemasok. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis penjualan perusahaan serta analisa SWOT yang menganalisis lingkungan internal SAP serta lingkungan eksternal ETOP yang mengungkapkan kekuatan-kekuatan dan kelemahan, peluang serta ancaman yang terdapat pada lingkungan yang mempengaruhi perusahaan. Analisa tersebut dilakukan agar perusahaan mampu menetapkan dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat, serta mampu mengimplementasikannya dengan baik sehingga perusahan mampu mencapai tujuannya untuk meningkatkan penjualan produknya. iv

 

3.138.174.195