Date: 07-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH KUALITAS PRODUK, MERK DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPARE PART DAN VARIASI SEPEDA MOTOR (STUDI PADA KONSUMEN TOKOSUKSES MAKMUR SUMENEP MADURA)

Thesis Detail
Author VERRY YARTO
Student's ID (NPK) K.2001.1.25775 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword KUALITAS PRODUK, MEREK DAN KEMASAN,SPARE PART,SEPEDA MOTOR
Page(s) 90
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Proses pengambilan keputusan yang diambil oleh konsumen, melalui beberapa tahap seperti pengenalan kebutuhan, pencarian informasi hingga mengambil keputusan untuk membeli produk tertentu. Dalam proses tersebut, konsumen juga mempertimbangkan tentang kualitas produk, merk dan kemasan produk agar produk yang dibelinya benar-benar sesuai dengan keinginannya Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, merk dan kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang datang dan membeli spare part dan variasi sepeda motor di Toko “Sukses Motor” Sumenep Madura sebanyak 29 orang. Dari hasil analisis korelasi berganda dapat disimpulkan bahwa Hipotesis I diterima, dimana koefisien R sebesar 0,899 dan nilai F hitung = 35,245 lebih besar dari F tabel = 2,99 pada probabilitas 0,000 sehingga keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan pula bahwa besarnya sumbangan (proporsi) peubah bebas kualitas produk, merk dan kemasan terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 80,9% sedangkan sisanya sebesar 19,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil analisis regresi dapat disimpulkan bahwa: (1) Setiap kali perubahan yang terjadi pada peubah kualitas produk (X1) maka akan diikuti oleh perubahan peubah keputusan pembelian (Y) sebesar 0,332 dengan nilai t hitung = 2,596 lebih besar dari t tabel = 1,708 pada probabilitas 0,016;(2) Setiap kali perubahan yang terjadi pada peubah merk (X2) maka akan diikuti oleh perubahan peubah keputusan pembelian (Y) sebesar 0,319 dengan nilai t hitung = 2,319 lebih besar dari t tabel = 1,708 pada probabilitas 0,029; (3) Setiap kali perubahan yang terjadi pada peubah kemasan (X3) maka akan diikuti oleh perubahan peubah keputusan pembelian (Y) sebesar 0,331 dengan nilai t hitung = 2,305 lebih besar dari t tabel = 1,708 pada probabilitas 0,030. Dari analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa peubah kualitas produk (X1) mempunyai pengaruh dominan (paling besar) terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi 0,332 sehingga hipotesis II dapat diterima. Berkaitan dengan hasil tersebut, pengelola toko hendaknya lebih memperhatikan tentang kualitas produk, merk dan kemasan produk. Selain menyediakan spare part dan variasi sepeda motor yang asli (orisinil), pengelola toko hendaknya juga menyediakan produk imitasi (tidak orisinil) agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang belum dapat menjangkau produk yang asli (karena yang asli relatif mahal).

 

18.224.63.87