Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KAYU (STUDI PADA KONSUMEN UD. KALIMANTAN JAYA MALANG)

Thesis Detail
Author YULIUS SUTIONO
Student's ID (NPK) K.2001.1.26722 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN, KEPUTUSAN , PRODUK KAYU (STUDI PADA KONSUMEN UD. KALIMANTAN JAYA MALANG)
Page(s) 125
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh faktor-faktor perilaku konsumen yang meliputi pengalaman belajar dan memori, persepsi, kebiasaan dan sosial terhadap keputusan pembelian produk kayu di UD. Kalimantan Jaya Malang serta untuk mengetahui faktor perilaku konsumen yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk kayu di UD Kalimantan Jaya Malang diantara faktor-faktor pengalaman belajar dan memori, persepsi, kebiasaan dan sosial. Populasi penelitian ini yaitu para konsumen pembeli produk kayu di UD. Kalimantan Jaya Malang. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 40 responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji dan menganalisis hipotesis dalam penelitian ini adalah alat analisis korelasi berganda dan regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis I dengan alat analisis korelasi berganda diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,873 menunjukkan bahwa peubah-peubah Pengalaman Belajar dan Memori (X1), Persepsi (X2), Faktor Kebiasaan (X3) dan Faktor Sosial (X4) mempunyai hubungan yang kuat dan positif terhadap peubah Keputusan Pembelian Produk Kayu (Y). Dan nilai F hitung (28,143) lebih besar dari F tabel (2,61) sehingga peubah-peubah Pengalaman Belajar dan Memori (X1), Persepsi (X2), Faktor Kebiasaan (X3) dan Faktor Sosial (X4) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang bermakna dengan peubah Keputusan Pembelian Produk Kayu (Y). Nilai R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,763 menunjukkan besarnya kontribusi peubah-peubah bebas dalam penelitian yaitu Pengalaman Belajar dan Memori (X1), Persepsi (X2), Faktor Kebiasaan (X3) dan Faktor Sosial (X4) secara bersama-sama dalam menjelaskan peubah terikat berupa Keputusan Pembelian Produk Kayu (Y) pada UD. Kalimantan Jaya Malang sebesar 76,3%, sedangkan sisanya 23,7% dijelaskan oleh peubah lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini atau model. Hasil analisis regresi berganda dapat diketahui bahwa nilai t hitung masingmasing peubah bebas lebih besar dari nilai t tabel. Hal ini berati bahwa peubahpeubah Pengalaman Belajar dan Memori (X1), Persepsi (X2), Faktor Kebiasaan (X3) dan Faktor Sosial (X4), mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap peubah Keputusan Pembelian Produk Kayu (Y) pada UD. Kalimantan Jaya Malang. Sehingga hipotesis I terbukti. Hasil pengujian hipotesis II dengan alat analisis regresi berganda diketahui bahwa peubah Pengalaman Belajar dan Memori (X1) merupakan peubah bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kayu (Y) pada UD. Kalimantan Malang karena mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,322) dibandingkan nilai koefisien regresi peubah bebas yang lain.

 

3.15.3.154