Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISA PENGARUH PENGUNGKAPAN SOSIAL TERHADAP REAKSI INVESTOR

Thesis Detail
Author MUHAMAD ROZI FANANI
Student's ID (NPK) A.2002.1.27437 (AKUNTANSI)
Subject TEORI AKUNTANSI
Keyword SOSIAL, REAKSI INVESTOR
Page(s) 179
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Pengungkapan adalah salah satu kewajiban perusahaan dari penggunaan sistem akuntansi. Informasi yang diungkapkan dituntut untuk benar dan wajar tanpa ada manipulasi. Banyak informasi yang diungkapkan seperti harta perusahaan dan hutang. Masa sekarang ini muncul ide mengenai pengungkapan sosial perusahaan, pada pengungkapan ini akan diberikan segala informasi mengenai kegiatan perusahaan berkaitan dengan masyarakat, lingkungan dan tanggung jawab sosial perusahaan. Terutama untuk perusahaan yang telah mempublik informasi sangat dibutuhkan oleh investor untuk membantu dalam membuat keputusan investasi pasar modal. Holmes and Watts (dalam Rusmanto, 2004) mengartikan corporate social responsibility sebagai: “Perusahaan didirikan selain dengan tujuan memaksimalkan profit, juga mempunyai komitmen sinambung untuk bertindak etis dan memberikan kontribusi dalam pengembangan ekonomi bagi masyarakat sekitar dan masyarakat lebih luas.” Tanggung jawab perusahaan akan terlaksana salah satunya jika perusahaan dapat meminimalkan dampak yang buruk dari perusahaan seperti polusi yang keluar dari pabrik, baik polusi udara, polusi air, dan kebisingan. Suwardjono (dalam suwaldiman, 2000) menyatakan perusahaan sebagai salah satu pelaku ekonomi mempunyai pengaruh yang besar terhadap kehidupan perekonomian dan masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh pengungkapan sosial tema kemasyarakatan, tema produk dan konsumen, tema ketenagakerjaan serta tema lingkungan terhadap reaksi investor. Untuk mengetahui reaksi investor digunakan data perdagangan saham perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan yang telah mempublik di bursa efek jakarta, dengan perioda penelitian selama 2 tahun yaitu: 2002 dan 2003. Metoda pengambilan sampel berdasarkan sampel bersasaran Untuk analisis data digunakan metoda data panelan dan rata-rata tahun 2002-2003. Hasil perhitungan menunjukan: 1) terdapat pengaruh pengungkapan sosial tema kemasyarakatan terhadap reaksi investor. Hal ini mendukung penelitian dari Zuhroh dan Sukmawati (2003) serta Rusmanto (2004). 2) terdapat pengaruh pengungkapan sosial tema produk dan konsumen terhadap reaksi investor. Hal ini mendukung dari penelitian Zuhroh dan Sukmawati (2003) serta Utomo (2000). 3) terdapat pengaruh pengungkapan sosial tema ketenagakerjaan terhadap reaksi investor. Hal ini mendukung dari penelitian Zuhroh dan Sukmawati (2003) serta Andrew et al. (1989). 4) tidak terdapat pengaruh pengungkapan sosial tema lingkungan terhadap reaksi investor. Hal ini tidak mendukung penelitian dari Zuhroh dan Sukmawati (2003) serta Shane and Spicer (1983). 5) terdapat pengaruh pengungkapan sosial tema kemasyarakatan, produk dan konsumen, ketenagakerjaan serta lingkungan terhadap reaksi investor. Hal ini mendukung dari penelitian Cowen et al. dalam Hackston & Milne (1996: 82), Zuhroh dan Sukmawati (2003), Rusmanto (2004), Utomo (2000). Kata Kunci: Reaksi Investor, Pengungkapan Sosial Tema Kemasyarakatan, Pengungkapan Sosial Tema Produk dan Konsumen, Pengungkapan Sosial Tema Ketenagakerjaan, Pengungkapan Sosial Tema Lingkungan.

 

3.21.106.69