Date: 04-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERANAN AUDIT INTERN MEMBANTU MANAJEMEN MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI OPERASI PEMASARAN PADA PT. ARTIKA OPTIMA INTI DI MALUKU

Thesis Detail
Author YENNI OKTAVIA
Student's ID (NPK) A.2002.1.27277 (AKUNTANSI)
Subject PEMERIKSAAN MANAJEMEN
Keyword AUDIT INTERN,EFETIVITAS,EFISIENSI,PEMASARAN
Page(s) 120
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Perkembangan dunia usaha di Indonesia dewasa ini sudah semakin pesat diiringi dengan kemajuan teknologinya semakin beragamnya produk yang ditawarkan dengan persaingan harga yang kompetitif membuat persaingan semakin ketat dan harus dihadapi oleh perusahaan. Agar suatu perusahaan mampu menghadapi persaingan, maka perlu disadari oleh perusahaan dalam menemukan cara-cara yang efektif dan efisien, sehingga dapat mengoptimalkan kerja dan produktifitas perusahaan. Semua kegiatan operasi dalam perusahaan harus dilaksanakan sesuai dengan rencana yang ditetapkan yang mengarah pada tujuan yang hendak dicapai dengan sistem Pengendalian yang baik. Kegiatan penjualan dan pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk berkembang dan memperoleh laba. Untuk itu penting bagi perusahaan melakukan audit pemasaran untuk menghindari pemborosan dan ketidakefisienan. Selain itu internal audit sebagai aparatur pengawas fungsional dituntut untuk melakukan pengujian dan pemeriksaan terhadap unsur-unsur dalam pengendalian manajemen agar perusahaan tetap dalam kondisi baik. Dalam proses pengendaliannya manajer harus menjamin bahwa perusahaan dalam menjalankan strateginya sesuai dengan perencanaan. Pemeriksaan intern mencakup banyak aspek di dalam perusahaan sehingga dalam pelaksanaannya tidak lepas dari adanya hambatan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sehingga memungkinkan terjadinya tidak efisien dan efektivitas pada bagian pemasaran, hal ini harus segera diatasi agar tidak berpengaruh pada tujuan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Penelitian ini dilakukan di PT. Artika Optima Inti yang bergerak dalam bidang industri plywood. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran audit intern sebagai sarana manajemen dalam menilai efektivitas dan efisiensi bagian pemasaran. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat studi kasus yang merupakan penelitian untuk mengetahui permasalahan yang terjadi dalam perusahaan. Adapun peubah dalam penelitian ini adalah: Lingkungan pemasaran, perencanaan pemasaran, program area fungsional, produktivitas pemasaran dan struktur organisasi. Sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa permasalahan perusahaan adalah kurang efisiennya produktivitas pemasaran dimana terjadi penurunan penjualan dari rencana serta adanya peningkatan biaya. Selain itu struktur organisasi perusahaan dinilai kurang baik karena kedudukan internal audit perusahaan yang tidak independent. Adanya perangkapan tugas pada organisasi pemasaran yang memiliki tugas dan tanggungjawab sebagai bagian pemasaran dan bagian penjualan yang menyebabkan salah satu tugas tidak dapat ditangani dengan baik. Untuk itu perusahaan sebaiknya mengevaluasi kembali kinerja bagian pemasaran terutama untuk pembagian tugas dan tanggungjawabnya, evaluasi terhadap kelemahan atas rencana yang ditetapkan serta evaluasi terhadap struktur organisasi perusahaan. Perusahaan juga disarankan untuk melakukan pengendalian secara berkala dan tepat sasaran agar perusahaan dan kegiatan pemasaran berjalan efisien dan efektif. Perusahaan juga diharapkan dapat mengantisipasi penyimpangan yang mungkin terjadi dan yang sudah terjadi agar perusahaan tetap dalam kondisi baik.

 

3.129.247.196