Date: 04-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS KOMPONEN AUDIT PEMASARAN SEBAGAI DASAR PENILAIAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS OPERASI PEMASARAN PADA PT. BUKIT JAYA ABADI SURABAYA

Thesis Detail
Author RIZKI HIKMAHWATI
Student's ID (NPK) A.2002.1.27566 (AKUNTANSI)
Subject PEMERIKSAAN MANAJEMEN
Keyword ANALISIS KOMPONEN AUDIT PEMASARAN,EFISIENSI,EFEKTIVITAS,OPERASI PEMASARAN
Page(s) 137
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Dalam upaya memenangkan persaingan dan meningkatkan penjualan, maka salah satu yang dapat dilakukan manager adalah memahami peranan pemasaran, karena pemasaran berarti kegiatan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Agar program pemasaran berjalan dengan baik, maka pelaksanaan pemasaran yang dilakukan perusahaan harus efektif dan efisien. Untuk itu perlunya melakukan pemeriksaan pemasaran atau audit pemasaran. Tujuan pemeriksaan pemasaran adalah untuk melakukan penilaian atas efektivitas dan efisiensi operasi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan audit pemasaran dalam menilai efisiensi dan efektivitas operasi pemasaran dan untuk mengetahui penyebab terjadinya ketidakefisiensian dan ketidakefektivan dalam operasi perusahaan khususnya bagian pemasarannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu penelitian terhadap fenomena atau populasi tertentu yang diperoleh peneliti dengan subyek berupa individu, organisasional, industri dan lain sebagainya. Tujuannya adalah melaksanakan aspek-aspek yang relevan dengan fenomena yang diamati. Alasan digunakannya jenis penelitian ini karena akan dilakukan audit atas operasional bagian pemasaran pada PT. Bukit Jaya Abadi Surabaya. Adapun peubah dalam penelitian ini adalah: lingkungan pemasaran (The marketing environment audit), strategi pemasaran (The marketing strategy audit), organisasi pemasaran (The marketing organization audit), sistem pemasaran (The marketing system audit), produktivitas pemasaran (The marketing productivity audit), fungsi pemasaran (The marketing functions audit), kriteria efektivitas dan efisiensi operasi pemasaran dan SIA siklus penjualan Dari hasil analisis diketahui bawah (1) Struktur organisasi PT. Bukit Jaya Abadi telah memiliki bagian pemasaran sehingga menjadikan fungsi pemasaran menjadi lebih terorganisasi, terkendali dan operasi pemasaran menjadi semakin optimal. Namum PT. Bukit Jaya Abadi belum memiliki bagian internal audit, dan hanya menggunakan audit eksternal yang digunakan bila diperlukan, sehingga pemeriksaan atas pelaksanaan aktivitas perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan tidak dilakukan secara rutin. (2) Lingkungan pemasaran eksternal (makro) menunjukkan terdapatnya peluang untuk meningkatkan pemasaran, dan ancaman peningkatan biaya karena meningkatnya harga barang dan jasa dipasar. Lingkungan internal menunjukkan perusahaan cukup efektif dalam meningkatkan jumlah pelanggan, dan order yang diterima dari tahun ke tahun. (3) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan adalah strategi produk, dimana perusahaan berupaya menghasilkan produk yang berkualitas dengan standar internasional. Strategi ini cukup berhasil dengan tercapainya tujuan pemasaran, yaitu meningkatkan jumlah penjualan baik ditinjau dari rupiah maupun unit. (4) Sistem pemasaran menunjukkan bahwa tenaga pemasaran relatif sedikit yaitu hanya 10 orang, akibatnya pemasaran yang dijalankan menjadi kurang efektif terutama untuk perluasan wilayah pemasaran. (5) Harga produk mengalami peningkatan dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2005, sehingga mengurangi daya saing dan dapat menurunkan penjualan produk. Hasil pemeriksaan lanjutan menunjukkan bahwa: (1) Analisis penjualan menunjukkan pertumbuhan yang positif. Dengan target yang ditetapkan sebesar 15%, untuk tahun 2003 sampai dengan tahun 2004 pertumbuhan penjualan dapat memenuhi target yaitu peningkatan mencapai 20,98% sehingga memenuhi kreteria efektif, namun pada tahun 2004 sampai dengan 2005 pertumbuhan penjualan hanya sebesar 8,52% sehingga tidak mencapai target yang ditetapkan (tidak efektif). (2) Analisis jumlah order, menunjukkan bahwa untuk tower dan galvanis menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun sehingga memenuhi kriteria efektif. Sedangkan untuk produk genset, pada tahun 2004 mengalami penurunan dan pada tahun 2005 jumlah order dapat ditingkatkan walaupun jumlah tersebut masih dibawah tahun 2003

 

18.222.179.186