Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH FAKTOR - FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN AUTOMOTIVE DAN ALLIED PRODUCT YANG GO PUBLIK (STUDI PADA POJOK BEJ - STIE MALANGKUCECWARA - MALANG)

Thesis Detail
Author MERYNA SUWITO
Student's ID (NPK) A.2002.1.27502 (AKUNTANSI)
Subject TEORI AKUNTANSI
Keyword FAKTOR - FAKTOR FUNDAMENTAL,HARGA SAHAM,PERUSAHAAN AUTOMOTIVE,ALLIED PRODUCT,GO PUBLIK
Page(s) 153
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Ditengah – tengah lesunya perekonomian nasional saat ini, berimbas pada menurunnya tingkat pertumbuhan investasi secara keseluruhan baik sektor investasi riil maupun sektor financial. Pasar modal merupakan salah satu tempat investasi yang sangat menarik, karena pasar modal memberikan berbagai alternative mulai dari yang beresiko tinggi sampai yang beresiko rendah, sehingga investor diberi keleluasaan dalam memilih berbagai alternative tersebut. Melakukan investasi di pasar modal diperlukan pertimbangan dalam menentukan keputusan investasi karena harga saham dapat dipengaruhi oleh faktorfaktor fundamental. Penilaian perusahaan dengan analisis fundamental merupakan analisis serangkaian variable keuangan untuk mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor-faktor fundamental Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Net Profit Margin (NPM), Price to Book Value, dan Book Value (BV) secara bersama-sama mempengaruhi harga saham, serta untuk mengetahui faktor manakah dari faktor fundamental Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Net Profit Margin (NPM), Price to Book Value, dan Book Value (BV) yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap harga saham. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan peubah bebas : Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Net Profit Margin (NPM), Price to Book Value, dan Book Value (BV) serta Harga Saham sebagai peubah terikat. Pengambilan sample dilakukan dengan metode purposive sampling yang akhirnya didapat 18 perusahaan automotive dan allied product yang teraktif di Bursa Efek Jakarta. Agar tujuan dari penelitian ini dapat dicapai maka dipakai metode penelitian korelasi berganda serta regresi berganda. Setelah melalui tahap perhitungan yang dilakukan dengan analisis korelasi berganda dan regresi berganda maka telah terbukti secara empiris bahwa variable EPS, PER, NPM, PBV, dan BV secara bersama-sama mempengaruhi harga saham dengan koefisien korelasi berganda 0,869 dan koefisien determinasi 0,755, serta variable yang paling signifikan mempengaruhi adalah variable Price to Book Value (PBV) dengan koefisien regresi 303,527.

 

18.191.135.224