Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

SISTEM AKUNTANSI SEBAGAI SALAH SATU ALAT PENGENDALIAN INTERN PADA HOTEL SELECTA BATU

Thesis Detail
Author NUNGKY KUSUMANINGRUM
Student's ID (NPK) A.2002.1.27286 (AKUNTANSI)
Subject SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Keyword SISTEM AKUNTANSI,PENGENDALIAN INTERN,HOTEL
Page(s) 154
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Setiap manajemen perhotelan harus mampu mengambil keputusan untuk meraih pasar dengan persaingan yang tinggi melalui perbaikan internal perusahaan. Dalam pengambilan keputusan tersebut didukung adanya informasi yang dihasilkan oleh sistem akuntansi. Sistem akuntansi yang baik hendaknya dapat merangkum prinsip-prinsip dan teknik pengendalian intern sebagai salah satu atribut agar informasi yang disajikan dapat dipercaya kebenarannya. Dalam proses pengambilan keputusan, kualitas dari informasi yang ada sangat menentukan ketepatan dari keputusan yang akan diambil oleh pihak manajemen. Kualitas informasi ditentukan oleh adanya pengendalian yang efektif, sehingga kegiatan perusahaan dapat diatur dan diarahkan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem akuntansi yang diterapkan Hotel Selecta Batu dan untuk memperbaiki sistem akuntansi Hotel Selecta Batu sehingga dapat digunakan sebagai alat pengendalian intern perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang bersifat studi kasus, yaitu penelitian yang bermaksud membuat penyandraan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu serta mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang, dan interaksi suatu sosial, individu, kelompok, lembaga, dan masyarakat. Alasan digunakan deskripsi dan studi kasus, karena dalam penelitian ini memberikan gambaran kondisi sistem akuntansi yang dilakukan perusahaan sebagai alat pengendalian intern perusahaan dan akan dicari jalan keluar atas permasalahan yang terjadi. Adapun peubah dalam penelitian ini adalah: (1) Struktur Organisasi, (2) Formulir, (3) Sistem dan Prosedur yang dilakukan meliputi: sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas, sistem dan prosedur pembelian bahan dan pengeluaran kas, sistem dan prosedur penggajian dan pengeluaran kas (4) Kode rekening, dan (5) Pengendalian Intern. Dari hasil analisis diketahui bawah sistem akuntansi Hotel Selecta Batu masih terdapat kelemahan, yaitu (1) Struktur organisasi Hotel Selecta Batu masih terjadi perangkapan misalnya bagian manager hotel yang bertugas sebagai administrasi dan keuangan hotel, bagian marketing yang juga bertugas sebagai bagian pembelian. Bagian marketing di bawah pengawasan front office. Dalam struktur tidak ada bagian administrasi dan keuangan hotel secara tersendiri, dan tugas ini dilakukan oleh manager dibantu oleh asisten manager. Tidak adanya bagian keamanan dalam struktur organisasi, walaupun dalam kenyataannya ada bagian keamanan. (2) Sistem dan prosedur Hotel Selecta Batu menunjukkan: (a) Sistem dan prosedur penjualan kamar dan penerimaan uang masih menunjukkan kelemahan yaitu, terdapat dua buah formulir yang fungsi dan desainnya hampir sama yaitu formulir tamu hotel untuk tamu lokal dan formulir A untuk tamu wisman (wisatawan manca negara). Hal ini akan menyebabkan pemborosan biaya. Tidak adanya tanda pengenal atau guest card yang diberikan pihak hotel bagi tamu yang menginap. Pada formulir penagihan tamu (KH) desainnya belum ada tanda tangan cashier yang menerima pembayaran dan manager yang dibantu asisten manager yang juga bertindak sebagai fungsi administrasi dan keuangan, yang menerima penyetoran uang, tidak memegang arsip formulir KH, sehingga apabila terjadi kesalahan yang dibuat front office cashier ataupun manager sulit dibuktikan. Tidak adanya formulir night auditor report yang dibuat per hari oleh petugas akhir (shift malam) bagian front office cashier shift, sehingga sulit mengetahui perkembangan dan sulit melakukan pemeriksaan bila terjadi kesalahan dalam pembayaran. (2) Sistem dan prosedur penjualan makananminuman dan penerimaan uang Hotel Selecta pada dasarnya sudah cukup baik, namun masih menunjukkan kelemahan yaitu pemberian tanda tangan pada bon restoran tanpa nama dan dalam bon restoran tidak tercantum nomor kamar hotel. (3) Sistem dan prosedur penju

 

3.139.62.103