Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENERAPAN ANALISIS RATIO PADA PERENCANAAN STRATEGI SEBAGAI SALAH SATU ALAT UNTUK MENCAPAI TUJUAN PERUSAHAAN PT. WAHANA ARTHA TRANSPORTAMA JAKARTA

Thesis Detail
Author I NYOMAN TRIYADI AGUSTIAWAN
Student's ID (NPK) A.2002.1.27413 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN KEUANGAN
Keyword ANALISIS RATIO,PERENCANAAN STRATEGI,TUJUAN,PERUSAHAAN
Page(s) 98
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Judul skripsi ini adalah “Penerapan Analisis Ratio Pada Perencanaan Strategi Sebagai Salah Satu Alat Untuk Mencapai Tujuan Perusahaan Pada PT. Wahana Artha Transportama”. Yang dilatarbelakangi oleh adanya persaingan yang cukup ketat di kalangan industri perdagangan mobil bekas yang berada di kawasan Jakarta. Penelitian yang dilakukan ini merupakan suatu penelitian mengenai strategi yang telah ditetapkan oleh PT. Wahana Artha Transportama, Jakarta. Strategi merupakan hal yang sangat penting bagi suatu organisasi atau perusahaan, karena strategi merupakan suatu alat yang digunakan oleh perusahaan untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan sehingga mampu bertahan dalam persaingan dan mampu menguasai pangsa pasar yang menjadi sasaran perusahaan. Perencanaan strategi ini dianalisis dengan menggunakan analisis Ratio yaitu: a. Ratio likuiditas (ratio yang mengukur kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban jangka pendeknya), yang terdiri dari Current Ratio, cash ratio, dan quick ratio. b. Ratio aktivitas (ratio yang mengukur kemampuan perusahaan, menggunakan asetnya secara efisien), yang terdiri dari: Rata-rata umur piutang, perputaran persediaan, perputaran aktiva tetap, dan perputaran total aktiva. c. Ratio Leverage (ratio yang mengukur kemampuan perusahaan memenuhi total kewajibannya), yang terdiri dari: Total Debt to equity, total debt to asset, long term debt to equity ratio, dan time interest earned ratio. d. Ratio profitabilitas (ratio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan profitabilitas), yang terdiri dari: Gross profit margin, net profit margin, ROI, earning power dan ROE. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan munculnya perusahaan-perusahaan baru, maka PT. Wahana Artha Transportama perlu merumuskan suatu strategi yang sesuai dengan keadaan perusahaan. Perumusan strategi dilakukan dengan menganalisis kekuatan dan kelemahan lingkungan internal. Setelah mengetahui kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan, maka dari beberapa alternatif strategi perusahaan, maka dari beberapa alternatif strategi perusahaan yang ada dapat dirumuskan strategi yang sesuai yaitu strategi pertumbuhan, melalui penerobosan pasar (dengan upaya pemasaran yang lebih giat), pengembangan pasar (berusaha mencari pasar-pasar baru dengan produk yang ada), pengembangan produk (manajemen perusahaan bekerja sama dengan pihak lain di luar perusahaan untuk menyempurnakan produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan), dan penciptaan produk baru (perusahaan mencoba melihat kemungkinan untuk menciptakan produk atau jasa baru).

 

18.191.216.163