Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PADA HOTEL GAJAHMADA GRAHA DI MALANG

Thesis Detail
Author FENNY YUANITA KURNIAWAN
Student's ID (NPK) A.2002.1.26827 (AKUNTANSI)
Subject SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Keyword SISTEM INFORMASI AKUNTANSI,PENGENDALIAN INTERN
Page(s) 194
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dalam dunia usaha yang makin ketat sekarang ini dengan adanya perubahan teknologi yang cepat serta persaingan yang ketat dan kompetitif memaksa setiap perusahaan untuk menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu. Informasi ini membantu operasi dan pengambilan keputusan sehari-hari perusahaan. Informasi ini dapat bersifat informasi yang kualitatif dan kuantitatif. Informasi yang kuantitatif dihasilkan oleh sebuah sistem yang disebut Sistem Informasi Akuntansi. Seiring dengan perkembangan dunia usaha ,teknologi dan perkembangan perusahaan itu sendiri. Maka sistem informasi akuntansi dalam suatu perusahaan juga perlu untuk dikembangkan. Tujuan dari pengembangan sistem informasi akuntansi ini adalah untuk memperbaiki sistem pengendalian intern yang ditujukan untuk menjaga keamanan harta milik perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi, memajukan efisiensi dan operasi dan membantu menjaga agar tidak ada penyimpangan dari kebijakan manajemen yang telah ditetapkan. Dalam membahas permasalahan yang terjadi di hotel Gajahmada Graha Malang maka digunakan teori-teori serta kajian yang berlebihan dengan penelitian yang dilakukan. Selanjutnya dengan teori tersebut akan dihasilkan model teori yang akan digunakan dalam skripsi ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berguna dalam membahas permasalahan yang terjadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan dalam penelitian ini dijelaskan tentang gambaran umum perusahaan, struktur organisasi, sistem penjualan dan penerimaan kas, sistem pembelian dan pengeluaran kas, sistem penggajian serta sistem penjualan produk khusus pada hotel Gajahmada Graha. Dari prosedur-prosedur yang ada maka dapat dilakukan analisis mengenai formulir-formulir yang digunakan, prosedur-prosedur yang berlaku, laporan-laporan yang dihasilkan serta sistem pengendalian intern yang diterapkan. Setelah dilakukan analisa data dan interprestasi hasil penelitian maka pihak manajemen dapat melakukan prubahan-perrubahan yang diperlukan seperti yang telah diusulkan. Sehingga dengan adanya sistem informasi akuntansi yang baik maka sistem pengendalian intern dapat berjalan dengan baik juga.

 

18.223.196.211