Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH KUALITAS INFORMASI ATAS LAYANAN INTERNET BANKING TERHADAP KEPUASAN PARA PENGGUNA SISTEM INFORMASI PADA PT. BANK CENTRAL ASIA, TBKCABANG BOROBUDUR MALANG

Thesis Detail
Author OKTAVIA ANDRIANI
Student's ID (NPK) A.2002.1.27601 (AKUNTANSI)
Subject SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Keyword KUALITAS,INFORMASI.LAYANAN INTERNET BANKING
Page(s) 97
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana ada pengaruh antara kualitas informasi atas layanan internet banking dengan kepuasan pengguna sistem informasi, serta untuk mengetahui kualitas informasi manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna sistem informasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana lemah kuatnya pengaruh dan hubungan antara peubah bebas dan peubah terikat. Yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah nasabah pengguna e-banking pada PT. Bank Central Asia, Tbk. Cabang Borobudur Malang yang berjumlah 55 orang. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah metode statistik dengan menggunakan program SPSS 10.00 for windows. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t dengan menggunakan metode analisis korelasi berganda, regresi berganda dan korelasi parsial. Berdasarkan hasil pengujian pertama dengan analisis korelasi berganda menyatakan peubah keakuratan (X1), peubah ketepatan (X2), dan peubah relevansi (X3) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kepuasan para pengguna sistem informasi (Y), terbukti dari koefisien korelasi berganda yaitu (multiple R) 0,871 dengan uji F hitung sebesar 53,668 > F tabel sebesar 2,76, maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis pertama terbukti kebenarannya. Dengan berdasarkan nilai beta (b) terbesar, yaitu 0,374 dimensi ketepatan (X2) mempunyai hubungan dan pengaruh dominan terhadap kepuasan para pengguna sistem informasi (Y) pada tingkat kepercayaan a = 5% digunakan regresi berganda dan korelasi parsial. Regresi berganda berfungsi untuk mengetahui tingkat pengaruh atau besarnya pengaruh antara peubah bebas dengan peubah terikat. Sedangkan korelasi parsial digunakan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh masing-masing peubah bebas terhadap peubah terikat dengan menganggap faktor lain konstan. Dengan kriteria jika t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan keputusan Ha diterima. Jadi dari hasil analisis dan uji hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang nyata antara kualitas informasi yang terdiri dari indikator keakuratan, ketepatan dan relevansi dalam sistem informasi dengan kepuasan para penggunanya. Dengan demikian hipotesis yang diajukan oleh peneliti telah teruji kebenarannya.

 

18.216.123.120