Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENYUSUNAN ANGGARAN PENJUALAN YANG EFEKTIF SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIANOPERASIONAL PADA PERUSAHAAN ROKOK PT. GANDUM MALANG

Thesis Detail
Author ARISTOTELES ISKANDAR ZULKARNAIN
Student's ID (NPK) A.2002.1.26807 (AKUNTANSI)
Subject ANGGARAN
Keyword ANGGARAN,PENJUALAN,ALAT PERENCANAAN,PENGENDALIAN
Page(s) 126
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penjualan produk perusahaan merupakan aspek penting bagi perusahaan. Sebagaimana telah diketahui dalam pasar, penjualan produk perusahaan akan menjadi masalah utama di dalam kehidupan perusahaan tersebut bila tidak disertai dengan usaha pemasaran yang efektif sehingga dapat mengakibatkan penjualan produk perusahaan mengalami penurunan dan akhirnya berhenti sama sekali. Untuk mencapai usaha pemasaran yang efektif, maka penyusunan anggaran penjualan ini perlu dilakukan dengan cermat dan benar. Pemilihan model peramalan yang sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan akan dapat banyak membantu hasil peramalan sehingga dapat mendekati kenyataan bagi perusahaan tersebut. Dengan adanya peramalan penjualan produk perusahaan dalam sebuah perusahaan maka manajer perusahaan tersebut akan dapat melangkah ke depan dengan pasti. Atas dasar peramalan penjualan yang disusun ini, manajemen perusahaan dapat mengetahui potensi penjualan atau memperoleh gambaran tentang keadaan masa depan perusahaan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa perusahaan yang ingin berkembang sangat memerlukan peramalan penjualan dalam menyusun anggaran penjualan produk perusahaan. Peramalan penjualan yang jauh dari kenyataan sangat membahayakan bagi manajemen apabila peramalan ini dijadikan sebagai dasar penyusunan anggaran penjualan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : 1. Untuk memberikan gambaran mengenai prediksi penjualan pada tahun yang akan datang sehingga dapat mengetahui potensi penjualan masing-masing daerah pemasaran. 2. Agar dapat melakukan penyusunan anggaran penjualan sebagai pedoman operasional perusahaan. Definisi anggaran penjualan adalah anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang penjualan perusahaan selama periode yang akan datang yang di dalamnya meliputi rencana tentang jenis barang yang akan dijual, waktu penjualan, tempat atau daerah penjualan serta merupakan dasar penyusunan anggaran lainnya. Komponen pokok konsep anggaran penjualan antara lain meliputi dasar-dasar penyusunan anggaran penjualan dan bagaimana menyusun anggaran penjualan. Dalam menyusun anggaran penjualan perlu dipertimbangkan faktor-faktor seperti karakteristik pasar yang dihadapi peusahaan, kemampuan financial, keadaan personalia dan dimensi waktu. Untuk mengetahui bagaimana aktivitas perusahaan PT.Gandum Malang maka dilakukan suatu metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan studi kepustakaan sebagai alat pengumpulan data. Adapun data yang diperlukan untuk keperluan analisis meliputi data harga produk rokok tahun 2002, 2003, 2004, 2005, data target dan realisasi penjualan. Selanjutnya untuk menganalisis penyusunan anggaran penjualan yang efektif sebagai alat perencanaan dan pengendalian operasional maka analisis yang dilakukan terdiri dari : 1. Analisa peramalan penjualan dengan metode rata-rata bergerak pada Rokok Sigaret Kretek Tangan isi 10. 2. Analisa peramalan penjualan dengan metode rata-rata bergerak pada Rokok Sigaret Kretek Tangan isi 12. 3. Analisa peramalan penjualan dengan metode rata-rata bergerak pada Rokok Sigaret Kretek Mesin isi 12. 4. Analisa peramalan penjualan dengan metode rata-rata bergerak pada Rokok Sigaret Kretek Mesin isi 16. 5. Analisa Anggaran Penjualan. Dengan adanya metode moving average, kita dapat mengetahui perkembangan penjualan dari waktu ke waktu seperti tampak pada penjualan rokok PT.Gandum tahun 2006 dalam ribuan sebagai contoh Penjualan Pintu Gerbang (SKT isi 10) sebesar 19.204.153 dengan persentase (23,627%), Penjualan Gandum Kuning Spc (SKT isi 12) sebesar 46.583.640 dengan persentase (23,581%), Penjualan Gandum Mas Filter Spc (SKM isi 12) sebesar 29.287.540 dengan persentase (10,475%), Penjualan Gandum Mas Super (SKM isi 16) sebesar 12.459.023 dengan persentase (26,789%). Dari data penjualan tersebut, dapat diprediksikan pertumbuhan penjualan masing-masing produk dari waktu ke waktu yang selanjutnya dengan mudah dapat disusun budget penjua

 

3.139.82.23