Date: 28-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISISFAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MEMILIH LAYANAN SERVICE DI CENTRAL YAMAHA MALANG

Thesis Detail
Author MARITA ANGGRAENI
Student's ID (NPK) K.2002.1.27069 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS FAKTOR INTERNAL,EKSTERNAL,KEPUTUSAN,SERVICE, YAMAHA
Page(s) 119
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Obyek dalam penelitian adalah Central Yamaha–Malang, yaitu yang bergerak di bidang penjualan sepeda khususnya merk yamaha dan berlokasi di Jl. Basuki Rachmat 40–42 Malang, telp. (0341) 361361, 367050 dan 326835 dengan fax. 320238. Dari teori yang ada, terdapat dua konsep, yaitu perilaku konsumen dan konsep keputusan konsumen memilih layanan service di Central Yamaha Malang. Konsep perilaku konsumen terdiri dari kelas sosial, kelompok referensi, keluarga, sikap, motivasi dan pengamatan. Obyek dalam penelitian adalah masyarakat Malang pada khususnya yang menggunakan layanan service di Central Yamaha untuk bulan September 2005 sebanyak 122 orang dan dengan menggunakan rumus slovin hanya 55 orang yang dijadikan sampel. Masalah yang dialami oleh layanan service di Central Yamaha Malang saat ini adalah mengalami beberapa kendala, diantaranya semakin menurunnya jumlah konsumen yang menggunakan layanan service kendaraan bermotor di Yamaha dan diduga bahwa terjadi layanan yang kurang memuaskan. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah metode statistik dengan menggunakan program SPSS. Untuk menguji hipotesis I, alat analisis yang dipergunakan adalah korelasi berganda. Hipotesis I yang dimaksud adalah variabel kelas sosial (X1), variabel kelompok referensi (X2), keluarga (X3), variabel sikap (X4), variabel motivasi (X5) dan variabel pengamatan (X6) secara serempak mempunyai hubungan dan pengaruh yang bermakna terhadap keputusan konsumen (Y). Sedangkan untuk menguji hipotesis II, alat analisis yang dipergunakan adalah regresi linier berganda dan korelasi parsial. Hipotesis II yang dimaksud adalah variabel keluarga (X3) mempunyai hubungan dan pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen (Y). Berdasarkan hasil pengujian pertama dengan analisis korelasi berganda menyatakan variabel kelas sosial (X1), variabel kelompok referensi (X2), variabel keluarga (X3), variabel sikap (X4), variabel motivasi (X5) dan variabel pengamatan (X6) secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang bermakna terhadap variabel keputusan konsumen (Y), hal ini terbukti dari koefisien korelasi, yaitu (Multiple R) 0,990 dengan uji F hitung sebesar 387,527 > F tabel sebesar 2,34, maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis pertama dapat dibuktikan kebenarannya. Alasan mengapa keenam variabel di atas dipilih sebagai variabel bebas tak lain, karena berdasarkan observasi peneliti keenam variabel tersebut memang mempunyai dampak yang berarti dalam hal pengambilan keputusan menggunakan layanan service di Central Yamaha Malang. Berdasarkan pengujian hipotesis kedua dengan analisis regresi linier berganda dan korelasi parsial, menyatakan bahwa variabel keluarga (X3) mempunyai hubungan dan pengaruh dominan terhadap variabel keputusan konsumen (Y), yang berarti bahwa keluarga mampu menjelaskan hubungan dan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen. Ini dibuktikan dari koefisien regresi dan koefisien korelasi parsial dari variabel keluarga (X3) paling besar dibandingkan variabel lainnya, yaitu berturut-turut sebesar 0,422 dan 0,596 dengan uji t hitung sebesar 5,148 > t tabel sebesar 1,6772. Jadi variabel keluarga (X3) yang berpengaruh dominan terhadap variabel keputusan konsumen (Y), maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis kedua dapat dibuktikan kebenarannya. Alasan lain variabel keluarga (X3) yang dominan mempengaruhi variabel keputusan konsumen (Y), karena bagaimanapun situasi dan kondisi saat itu siapapun akan tetap membutuhkan keluarga. Apalagi pengaruh yang datangnya dari orang tua, saudara kandung dan sanak famili tidak bisa dipungkiri, yaitu akan tetap memberikan andil dalam melakukan suatu aktivitas.

 

18.223.114.142