Date: 28-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS CONTRIBUTION MARGIN UNTK PERENCANAAN PENJUALAN YANG OPTIMAL PADA PT. COCA COLA DISTRIBUSION BALIKPAPAN

Thesis Detail
Author REZA HERNADI
Student's ID (NPK) A.2002.1.27050 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI MANAJEMEN
Keyword CONTRIBUTION MARGIN, PENJUALAN .OPTIMALCOCA COLA.
Page(s) 95
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Setiap organisasi bisnis pasti menginginkan usahanya sukses dan berhasil dengan memperoleh laba yang optimal serta menang dalam persaingan di era bisnis global, sehingga dapat terus melanjutkan usahanya. Oleh karena itu tidaklah mudah bagi suatu perusahaan untuk dapat terus maju jika tidak melakukan perubahan yang sesuai dengan kondisi disekitarnya dengan banyaknya pesaing yang terus bertambah serta teknologi dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang. Untuk mencapai target penjualan yang optimal, maka perusahaan harus dapat mengolah suatu perencanaan yang matang dalam hal penjualan produknya sesuai dengan selera konsumen, harga yang menguntungkan baik bagi produsen maupun konsumen, mutu yang diharapkan dan yang terpenting dapat memuaskan konsumen sehingga konsumen selalu setia terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan, akuntansi manajemen menawarkan konsep contribution margin yang memungkinkan perusahaan dapat menyusun sebuah perencanaan penjualan yang optimal sehingga mampu meberikan keuntungan bagi perusahaan. Contribution margin itu sendiri berarti perolehan pendapatan yang berasal dari penjualan yang kemudian dikurangkan dengan biaya variabel sehingga memperoleh contribution margin, kemudian contribution margin itu akan digunakan untuk menutup biaya tetap dan pada akhirnya dapat menghasilkan laba. Dalam penerapan contribution margin ini pada suatu perusahaan yang memiliki beraneka ragam produk yang dihasilkan dan dengan volume penjualan yang besar akan mengalami kesulitan jika hanya berpedoman pada trend yang terjadi di pasar dalam hal menyusun perencanaan penjualannya, hal ini dikarenakan perusahaan tidak dapat mengetahui seberapa besar kontributsi masing-masing produk terhadap laba yang akan diperoleh perusahaan. Sehingga penelusuran contribution margin pada masingmasing produk sangat diperlukan untuk membantu perusahaan dalam menyusun perencanaan penjualan yang tepat untuk memperoleh laba optimal. Dalam pelaksanaan penelitian ini akan diterapkan analisis contribution margin pada PT. Coca Cola Distribution sebagai alat untuk menelusuri seberapa besar kontribusi masing-masing produk baik dalam keadaan break even point (BEP) maupun penerapannya dalam pencapaian target laba yang diinginkan oleh perusahaan, serta akan digunakan untuk menentukan margin of safety atau batas penurunan penjualan yang sangat berguna bagi pihak manajemen perusahaan dalam menentukan kebijakan-kebijakan apa yang akan diambil untuk menanggulangi penurunan penjualan tersebut./]

 

18.217.6.114