Date: 29-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG TABUNGAN MUDHARABAH PADA BNI SYARIAH MALANG

Thesis Detail
Author SYAHRIAL EGA HIDAYAT
Student's ID (NPK) K.2002.1.27483 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PERBANKAN
Keyword MARKETING MIX,KEPUTUSAN MENABUNG
Page(s) 122
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui sejauhmana ada pengaruh antara Marketing Mix terhadap keputusan menabung jenis mudharabah, serta untuk mengetahui Marketing Mix manakah yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan menabung jenis mudharabah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian penjelasan dengan menggunakan pengujian hipotesis. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah para nasabah antara tahun 2003 sampai dengan tahun 2005 di BNI Syariah Malang yang berjumlah 50 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan kuisioner, sedangkan metode yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah metode statistik dengan menggunakan program SPSS 10.00 for windows. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji reliabilitas, validitas, korelasi berganda (Uji F) dan regresi berganda (Uji t). Hipotesis pertama bertujuan untuk mengetahui hubungan peubah product (X1), Price (X2), Place (X3), dan Promotion (X4) secara bersama-sama terhadap keputusan menabung jenis Mudharabah (X4) di BNI Syariah Malang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama, menunjukkan keputusan menabung dipengaruhi dan berhubungan dengan marketing mix. Terbukti dengan Nilai R2 0,888 atau uji F hitung sebesar 42,012 yang lebih besar dari F tabel, maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima, jadi terbukti. Hipotesis kedua bertujuan untuk mengetahui peubah manakah dari marketing mix (product, price, place dan promotion) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan menabung di BNI Syariah Malang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kedua dengan analisis regresi, mengatakan bahwa peubah price (X2) yang berpengaruh dominan terhadap peubah keputusan menabung (Y) terbukti kebenarannya. Ini dibuktikan dari koefisien regresi peubah price (X2) paling besar, yaitu sebesar 0,343

 

3.21.104.109