Date: 28-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENTINGNYA PELAKSANAAN ADVERTISING YANG EFEKTIF GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT.MULTI GUNA LANGGENG ABADI MALANG

Thesis Detail
Author ERIKA WIBAWA
Student's ID (NPK) K.2002.1.26830 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENTINGNYA ADVERTISING, GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN
Page(s) 89
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui media advertising, yakni variabel radio, variabel spanduk dan variabel brosur secara simultan mempunyai pengaruh siginifikan terhadap terhadap variabel keputusan pembelian sepeda motor. Selanjutnya untuk menganalisis media advertising, yakni variabel radio, variabel spanduk dan variabel brosur secara parsial mempunyai pengaruh siginifikan terhadap variabel keputusan pembelian sepeda motor, bahkan variabel radio mempunyai pengaruh paling siginifikan (dominan). Responden dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli sepeda motor di PT. Multi Guna Langgeng Abadi Malang khusus bulan April 2006. Namun yang dijadikan sampel hanya konsumen yang pernah menyaksikan iklan atau advertising dari PT. Multi Guna Langgeng Abadi Malang. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang diambil sebesar 65 responden. Hal ini sesuai dengan pendapat Suharsimi Arikunto bahwa : apabila subyek kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya jika jumlah subyeknya lebih dari 100 atau besar dapat diambil antara 10%-15% atau 20%- 25% atau lebih (Arikunto, 2003:107). Berdasarkan hasil pengujian pertama dengan analisis korelasi berganda menyatakan bahwa variabel radio (X1), variabel spanduk (X2) dan variabel brosur (X3) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian sepeda motor (Y), dimana dengan telah dipenuhi semua hal di atas, maka mampu menunjukkan keputusan pembelian sepeda yang diharapkan. Terbukti dari koefisien korelasi, yaitu (Multiple R) 0,798 dengan uji F hitung sebesar 35,614 > F tabel sebesar 2,76, maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima, jadi hipotesis pertama terbukti kebenarannya. Berdasarkan pengujian hipotesis kedua dengan analisis regresi linier berganda dan korelasi parsial, menyatakan bahwa variabel radio (X1) berpengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian sepeda motor (Y), yang berarti bahwa radio (X1) mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sepeda motor. Ini dibuktikan dari koefisien regresi dan koefisien korelasi parsial dari variabel radio (X1) paling besar dibandingkan variabel lainnya, yaitu berturut-turut sebesar 0,314 dan 0,576. Jadi variabel radio (X1) berpengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian sepeda motor (Y), maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima, jadi hipotesis kedua terbukti kebenarannya.

 

3.134.77.195