Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

AUDIT PEMASARAN SEBAGAI DASAR PENILAIAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS OPERASI PEMASARAN PADA HOTEL SRI REJEKI, BLITAR

Thesis Detail
Author AMALIA PURWANDA
Student's ID (NPK) A.2002.1.26989 (AKUNTANSI)
Subject PEMERIKSAAN MANAJEMEN
Keyword AUDIT PEMASARAN, DASAR PENILAIAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS, OPERASI PEMASARAN
Page(s) 165
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Untuk mengatasi dan menilai efisiensi dan efektivitas bagian pemasaran, suatu perusahaan memerlukan audit intern sebagai alat pengendalian terhadap kinerja perusahaan. Dengan melakukan audit intern bagian pemasaran melalui analisis terhadap komponen audit pemasaran yang terdiri lingkungan pemasaran, strategi pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran, produktivitas pemasaran dan fungsi pemasaran diharapkan dapat menilai efisiensi dan efektivitas dari bagian pemasaran yang akan berpengaruh terhadap jalannya perusahaan. Adapun tujuan penelitian adalah untuk (1) mengetahui peranan audit intern dalam menilai efektivitas dan efisiensi pemasaran (2) mengetahui penyebab terjadinya inefektivitas dalam operasi perusahaan khususnya bagian pemasaran (3) menilai efisiensi dan efektivitas perusahaan khususnya bidang pemasaran, serta memberikan alternatif perbaikan dan saran pada manajer untuk mencapai efisiensi dan efektivitas. Obyek penelitian yaitu Hotel Sri Rejeki berlokasi di Blitar dan merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penginapan. Analisis yang dipakai untuk mendukung penelitian antara lain: lingkungan pemasaran, strategi pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran, fungsi pemasaran dan produktivitas pemasaran. Dimana masing-masing bagian tersebut merupakan komponen yang paling berperan dalam pemasaran perusahaan. Pemeriksaan terhadap lingkungan pemasaran bertujuan untuk melihat faktor-faktor mikro dan makro yang mempengaruhi perusahaan. Pemeriksaan terhadap strategi pemasaran produk. Pemeriksaan terhadap organisasi bertujuan untuk menilai pembagian tugas dan tanggungjawab pada bagian pemasaran. Pemeriksaan sistem pemasaran bertujuan untuk melihat arus informasi dalam perusahaan terutama pada bagian pemasaran. Pemeriksaan terhadap fungsi pemasaran bertujuan untuk melihat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan apakah telah sesuai dengan tujuan dan strategi pemasarannya. Pemeriksaan terhadap produktivitas pemasaran bertujuan untuk menilai kinerja bagian pemasaran apakah telah dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Berdasarkan hasil analisis maka dapat dikatakan bahwa operasi pemasaran perusahaan sudah cukup efektif dan efisien, walaupun ada sedikit inefisiensi yang terjadi tetapi hal tersebut masih dapat ditolerir. Karena pembiayaan atas aktivitas pemasaran dan realisasi penjualan masih berada di dalam standar toleransi inefektifitas dan inefisiensi yang ditetapkan perusahaan. Faktor-faktor lain yang dianalisis yaitu faktor lingkungan pemasaran, organisasi pemasaran, strategi pemasaran, sistem pemasaran, fungsi pemasaran dan produktivitas pemasaran, juga sangat berpengaruh bagi kegiatan pemasaran dalam mencapai tujuan perusahaan. Kata Kunci : Audit Pemasaran, Efisiensi, Efektifitas

 

18.222.69.152