Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA PENGGUNA DETERJEN RINSO DI DESA KESIMAN KECAMATAN TRAWAS KABUPATEN MOJOKERTO)

Thesis Detail
Author AAN MASKURIADI
Student's ID (NPK) K.2002.1.27325 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ATRIBUT PRODUK,KONSUMEN,DETERJEN
Page(s) 111
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada ibu rumah tangga pengguna deterjen Rinso di Desa Kesiman Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto). Berdasarkan pada masalah pokoknya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk yang terdiri dari harga, mutu, merek, dan kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen produk deterjen Rinso, serta untuk mengetahui atribut produk manakah yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen produk deterjen Rinso. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga di Desa Kesiman Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto yang menggunakan produk deterjen Rinso yang berjumlah 327 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin yang dikutip oleh Umar, yakni sebanyak 180 ibu rumah tangga. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampling sistematis. Berdasarkan dalam lampiran correlations dapat diketahui bahwa semua item yang diuji menghasilkan nilai yang valid yakni masing-masing item pada peubah bebas yang ada lebih besar dari nilai r tabel pada n = 30 dengan tingkat signifikan 5% sebesar 0,361. Berdasarkan lampiran reliability dapat diketahui bahwa semua item yang diuji menghasilkan nilai yang reliabel karena nilai koefisien alpha lebih besar dari nilai r tabel. Hasil analisis data pada uji t menunjukkan bahwa besaran probabilitas (signifikan) pada masing-masing peubah bebas < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara harga, mutu, merek dan kemasan secara sendiri-sendiri terhadap keputusan pembelian produk deterjen Rinso di Desa Kesiman Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Selain itu, berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai (Beta) β1 = 0,375; β2 = 0,218; β3 = 0,214; β4 = 0,176; pengujian F = 52,89, signifikansi F = 0,000, Adjusted R Square sebesar 53,7% dan dengan taraf kepercayaan 95%. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara harga, mutu, merek dan kemasan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk deterjen Rinso di Desa Kesiman Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto sebesar 53,7% dan sisanya 46,3% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian. Berdasarkan hasil perhitungan dari sumbangan efektif serta fungsi regresi dapat diketahui bahwa atribut produk yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian ibu rumah tangga dalam membeli produk deterjen rinso di Desa Kesiman Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto adalah harga (X1), karena mampu membentuk keputusan pembelian konsumen sebesar 23,25% dan nilai (Beta) β = 0,375. Nilai tersebut menunjukkan bahwa pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk deterjen Rinso di Desa Kesiman Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto memiliki pengaruh yang paling dominan.

 

3.142.96.146